Deretan Negara Surga Belanja Fashion Bermerek, Cocok untuk Fashionista!

Belanja Barang Fashion Branded di Luar Negeri Bisa Sampai 30 Persen Lebih Murah (Istimewa)

JAKARTA - Jelang liburan akhir tahun, masyarakat Indonesia tampaknya tidak mau kalah dengan merencanakan perjalanan liburan ke luar negeri. Hal itu dilakukan baik untuk refreshing atau bahkan berburu produk-produk dari brand favorit mereka. Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa merek-merek tertentu memiliki harga yang lebih murah di luar negeri. 

Akan tetapi, karena nilai tukar yang berfluktuasi, pajak impor yang berbeda-beda di setiap negara, serta faktor-faktor lainnya, produk fashion branded belum tentu semurah yang kita pikirkan, bahkan tidak jarang justru lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Wise, perusahaan teknologi global yang mengembangkan cara terbaik dalam transfer dan mengelola uang antar negara, membedah perbandingan harga barang fashion branded ini dalam sebuah riset.

Riset ini membandingkan harga brand-brand populer seperti Adidas, Nike, Uniqlo, dan Louis Vuitton di berbagai destinasi luar negeri yang digemari kalangan wisatawan Indonesia. Riset ini juga mengungkap seberapa besar biaya yang bisa dihemat oleh warga Indonesia ketika membeli brand-brand tersebut di destinasi mancanegara.

Untuk membantu warga Indonesia membandingkan harga produk branded dan membuat keputusan belanja yang lebih bijak di luar negeri akhir tahun ini, Wise telah mengemas hasil riset ini dalam bentuk panduan belanja berikut.

Negara Surga Belanja Barang Fashion Bermerek

1. Singapura

Penggemar produk Uniqlo akan mendapatkan harga yang 15% lebih murah di Singapura daripada di Indonesia. Namun, untuk produk Chanel dan Louis Vuitton, harganya justru 1-4% lebih mahal. 

2. Malaysia

Wisatawan bisa menghemat sekitar 15-20% saat berbelanja di Zara, H&M, dan Uniqlo. Bagi wisatawan yang tidak ingin pergi jauh-jauh ke Eropa, mereka dapat menghemat sekitar 1-5% untuk produk Chanel dan Louis Vuitton. 

3. Jepang

Bukan hal yang mengejutkan lagi bahwa Uniqlo memiliki harga termurah di Jepang. Wisatawan dapat menghemat sekitar 30% dibandingkan dengan saat berbelanja di Indonesia. Tak hanya itu, harga Adidas dan H&M juga sekitar 20% lebih murah.

4. Hong Kong 

Dikenal sebagai ‘surga belanja’ karena tidak adanya PPN, Hong Kong juga merupakan destinasi ideal untuk memborong Adidas dan H&M yang harganya sekitar 10% lebih rendah daripada di Indonesia. Untuk produk luxury brand, Chanel diperkirakan 2% lebih murah, namun Louis Vuitton justru sekitar 3% lebih mahal.

5. Prancis

Eropa tetap menjadi tempat terbaik untuk belanja barang branded. Harga produk Louis Vuitton, yang merupakan brand dari Prancis, hampir 20% lebih murah dibandingkan di Indonesia. Tak hanya itu, harga Adidas dan Zara juga 20-30% lebih murah.

6. Amerika Serikat

Wisatawan dapat menghemat sekitar 2% untuk brand-brand mewah seperti Chanel dan Louis Vuitton. Sayangnya, Uniqlo justru 30% lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia.

7. Cina

Wisatawan Indonesia dapat menghemat sekitar 15% ketika berbelanja Nike dan Zara, namun disarankan untuk menghindari Levi's yang harganya bisa 50% lebih mahal.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 06 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories