Cara Mengatasi Badan Melebar Setelah Hari Raya

Cara Mengatasi Badan Melebar Setelah Hari Raya (Istock)

JAKARTA - Tak hanya ditunggu-tunggu, Lebaran juga merupakan momen penuh sukacita dan kebahagiaan. Berbagai hidangan lezat akan tersaji di meja makan, namun konsumsi makanan berlebihan saat Lebaran dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.

Untuk itu, yuk terapkan tips biar berat badan tidak naik saat Lebaran berikut.

Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Lebaran

Atur Pola Makan

Salah satu kunci utama menjaga berat badan ialah mengatur jumlah porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satunya gunakan piring yang lebih kecil untuk mengontrol porsi.  Pastikan Anda makan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda, tanpa berlebihan.

Batasi Konsumsi Gula dan Makanan Manis

Makanan dan minuman manis seperti kue kering dan sirup bisa meningkatkan asupan kalori secara signifikan. Batasi konsumsi makanan manis dan pilih alternatif yang lebih sehat seperti buah segar untuk makanan yang lebih sehat.

Tetap Aktif Bergerak

Momen lebaran dan libur biasanya digunakan untuk bermalas-malasan. Untuk itu luangkan waktu untuk berolahraga ringan seperti jalan cepat, yoga, atau senam. Olahraga akan membantu membakar kalori dan menjaga metabolisme tubuh.

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Minum air putih sebelum makan juga dapat membantu mengurangi porsi makan.

Itulah tips biar berat badan tidak naik saat lebaran. Dengan menerapkan tips ini, Anda bisa menikmati Lebaran tanpa khawatir tentang kenaikan berat badan.

Tetaplah mengontrol asupan makanan dan aktif selama perayaan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Selamat menikmati Lebaran dan semoga tetap sehat selalu.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 12 Apr 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories