Cara Mudah Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Agar Pengeluaran Tidak Meningkat

Tips Efektif Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda (Pexels)

JAKARTA - Ada beberapa hal atau barang yang kita gunakan sehari-hari dan tampaknya bisa berpengaruh pada besarnya pengeluaran kita, termasuk biaya bahan bakar untuk mobil atau motor kita. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan biaya membeli BBM juga jika tahun ini Anda ingin lebih berhemat.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar pemakaian BBM jadi lebih hemat.

Cara Menghemat Pemakaian Bahan Bakar

Periksa Ban

Pengemudi baik motor atau mobil mungkin jarang memeriksa kondisi ban secara rutin. Padahal ketika tekanan angin pada ban berkurang, maka hal tersebut akan membuat tahanan gulir menjadi membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar. 

Pada umumnya, tekanan angin akan berkurang sekitar 2 psi setiap bulan, baik kendaraan tersebut dipakai atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa tekanan angin pada ban terpakai atau cadangan agar Anda bisa lebih berhemat membeli bensin.

Perhatikan Filter Udara pada Kendaraan

Filter udara pada kendaraan yang sudah terlalu kotor akan membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih boros. Hal ini karena filter yang sudah tersumbat debu dan kotoran mengakibatkan mesin kendaraan harus bekerja lebih berat untuk menghisap udara yang bersih. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu secara rutin melakukan servis filter udara setiap pemakaian kendaraan 2.000 sampai 3.000 km atau ganti filter udara jika sudah dipakai terlalu lama.

Hindari Memberikan Beban Terlalu Banyak pada Kendaraan

Jika Anda memasukkan atau membawa barang terlalu banyak dan terlalu berat pada kendaraan, hal tersebut juga akan berpengaruh pada pemakaian bahan bakar. Oleh karena itu, lebih baik Anda hanya membawa barang yang penting saja saat bepergian. 

Parkir di Tempat Pertama yang Anda Temukan

Pernahkah Anda harus berputar-putar di sekitar tempat parkir beberapa kali hanya untuk mencari tempat parkir yang tepat? Jika iya, maka sebaiknya kebiasaan tersebut tak lagi Anda lakukan. Hal tersebut ternyata justru membuat Anda semakin banyak menghabiskan bahan bakar atau bensin.

Efektif Saat Menggunakan AC

Ketika Anda menyalakan AC, maka tenaga mesin mobil akan diambil oleh sistem AC sampai 5 PK untuk menggerakkan kompresor dan sistem yang berkaitan dengan fungsi tersebut. Untuk memperoleh pemakaian AC lebih efektif dan menghemat bahan bakar, Anda sebaiknya jangan menyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Anda juga dapat mengoptimalkan fungsi AC mobil dengan mematikan switch AC ketika membutuhkan engine power.

Itu tadi beberapa cara agar Anda mampu menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Selamat mencoba!

Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories