Cara Gunakan Grok, Aplikasi AI Saingan ChatGPT

Cara Menggunakan Grok, Aplikasi Saingan ChatGPT Milik Elon Musk (VnReview)

JAKARTA - Seperti yang Anda ketahui, sejak tahun lalu kepopuleran ChatGPT dari OpenAI semakin meroket. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menghadirkan layanan AI, termasuk X atau Twitter yang mulai meluncurkan Grok. 

Bulan November lalu, xAI perusahaan AI miliki miliarder Elon Musk telah merilis chatbot AI yang diberi nama Grok. Elon Musk sempat mengatakan bahwa chatbot AI-nya yang menjadi kompetitor dari ChatGPT. 

Elon Musk juga mengungkapkan bahwa Grok akan memiliki akses ke postingan pengguna di X atau Twitter, dan memiliki kecenderungan untuk memberikan feedback atau tanggapan yang sarkastik.

“Grok memiliki akses real-time ke informasi melalui platform X, yang merupakan keunggulan besar dibandingkan model lainnya,” tulis Musk di X. “Grok juga berbasis dan menyukai sarkasme. Saya tidak tahu siapa yang bisa membimbingnya seperti ini.” lanjut CEO Tesla tersebut. 

Tim xAI juga menyebutkan bahwa Grok didukung oleh sebuah large language model, teknologi dasar di balik chatbot AI yang disebut Grok 1. Postingan blog xAI bahkan menyebut bahwa Grok-1 sendiri telah melampaui kemampuan dari ChatGPT 3.5, model ChatGPT versi gratis yang sering digunakan sebagai tolok ukur penyelesaian soal matematika sekolah menengah. 

Akan tetapi, xAI mengatakan bahwa mereka memang tertinggal dibandingkan dengan model ChatGPT yang paling canggih, GPT-4.

Akses awal ke Grok kini tersedia bagi pengguna yang membeli versi premium X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Berikut ini TrenAsia.com merangkum cara menggunakan Grok dari Business Insider.

Cara Menggunakan Grok

1) Berlangganan X Premium+

Pertama, buat akun X. Kemudian, klik ikon Grok di sidebar kiri beranda Anda, dan tekan tombol "Berlangganan sekarang" di bagian bawah.

Lanjutkan untuk mengikuti petunjuk penagihan. Paket $16 per bulan dan paket tahunan $168. Setelah berlangganan Anda akan memiliki akses awal ke Grok.

Setelah penagihan selesai, Anda sekarang dapat mengakses chatbot AI melalui feed Anda.

2) Setelah Anda Mengklik Ikon Grok, Anda dapat Memilih Salah Satu dari Dua Versi Chatbot

Grok memiliki dua yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan yaitu "mode menyenangkan" atau fun mode dan "mode reguler". 

Dengan "Mode Reguler", Grox akan memberikan respons yang sebenarnya terhadap pertanyaan. 

Mode lain yaitu "Mode Menyenangkan", akan memberikan respons dengan nada sarkastik yang lucu.

Jika Anda tidak yakin ingin bertanya apa tenang saja, karena Grok akan menyarankan beberapa petunjuk, mulai dari "Ceritakan tentang kemajuan terkini dalam AI dan pembelajaran mesin," hingga "Roasting pengguna ini berdasarkan postingan mereka, dan bersikaplah vulgar!"

3) Masukkan Pertanyaan Anda di Kotak Obrolan.

Tergantung pada apa yang Anda tanyakan, versi Grok yang berbeda dapat menghasilkan tanggapan uniknya sendiri.

Misalnya, Anda bertanya kepada Grok, "Apa prediksi AI Anda untuk tahun 2024?" Kedua versi tersebut memberikan jawaban serupa seperti layanan kesehatan berbasis AI dan otomatisasi operasi bisnis.

Namun tanggapan versi “menyenangkan” lebih bersifat percakapan: Dikatakan bahwa AI akan menjadi “saus rahasia baru” untuk bisnis yang sukses.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 21 Dec 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories