Bumikan Spirit “Saling Isi Saling Gisi”, Peradah Bali Ngejot ke Bumi Makepung

Kader DPP Peradah Indonesia Bali melaksanakan ngejot di Kelurahan Tegalcangkring, Mendoyo, Jembrana. (Balinesia.id/istimewa)

Jembrana, Balinesia.id – DPP Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Bali (Peradah Indonesia Bali) membumikan spirit “Saling Isi Saling Gisi” melalui kegiatan ngejot di “Bumi Makepung” Jembrana, Senin, 6 Juni 2022. Kegiatan menyasar lansia kurang mampu di Kelurahan Tegalcangkring, Mendoyo,  Jembrana.

Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Putu Eka Mahardika, didampingi Sekretaris DPP Peradah Indonesia Bali, IK Eriadi Ariana; Ketua DPK Peradah Indonesia Jembrana, Putu Feri Priyandana; serta jajaran mengatakan bahwa program Peradah Ngejot yang digelar pihaknya merupakan program wajib yang digelar rutin setiap enam bulan sekali menjelang Hari Suci Galungan.

“Peradah Ngejot adalah komitmen kami dalam membumikan spirit ‘Saling Isi Saling Gisi’ sebagai bentuk solidaritas sosial antar sesama umat se-Dharma. Kami ambil momentum Galungan yang mengisyaratkan bahwa kemenangan dan keharmonisan yang sejati, bahwa ‘Moksartham Jagadhita ya Ca iti Dharma’ dapat kita capai melalui kepekaan sosial terhadap kondisi orang-orang di sekitar kita,” katanya.

Baca Juga:

Eka mengatakan di bawah kepemimpinannya, mereka mengkampanyekan jargon “Saling Isi Saling Gisi” dengan harapan munculnya kesadaran pemuda Hindu di Bali untuk bersama-sama berkolaborasi dan berkontribusi untuk kemajuan bersama.

Menurutnya, masyarakat Bali, khususnya kalangan muda harus bersatu dan membangun kolaborasi menyongsong dinamika zaman. Setiap orang memiliki ruang dan peluang yang sama dalam mengabdikan dirinya untuk kemajuan daerah masing-masing.

"Seperti kegiatan Peradah Ngejot ini, kami lakukan secara simultan di seluruh Bali, di mana kegiatan di setiap kabupaten/kota dilakukan langsung oleh pengurus Peradah Indonesia di setiap daerah. Adapun kami sebagai pengurus provinsi saat ini memilih Jembrana sebagai daerah sasaran, setelah sebelumnya di Kabupaten Bangli, Gianyar, Karangasem, dan Buleleng. Jadi, ini adalah program lanjutan dan kami akan terus gulirkan setiap enam bulan ke daerah-daerah lainnya,” katanya.

Kepala Lingkungan Petapan Persidi, Kelurahan Tegalcangkring, Jembrana, I Made Arwanta, menyatakan apresiasi terhadap gerakan kesetiakawanan yang dilakukan Peradah Bali. Pihaknya pun berharap kegiatan serupa dapat berjalan berkelanjutan.

“Jujur, terus terang (gerakan) ini sangat membantu warga-warga di sini, terutama yang jompo dan kurang mampu. Matur suksma, mudah-mudahan bisa berlanjut,” kata Arwanta. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories