Tujuh Kali Tanpa Absen, Peradah Bangli Komitmen Lakukan “Ngejot” Menyongsong Galungan

Pelaksanaan Peradah Ngejot #7 Peradah Indonesia Bangli. (Balinesia.id/jpd)

Bangli, Balinesia.id – Menyongsong perayaan Hari Suci Galungan, Rabu, 8 Juni 2022, Dewan Pimpinan Kabupaten Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Bangli (DPK Peradah Indonesia Bangli) kembali melaksanakan kegiatan ngejot. Kegiatan ke-7 yang dilakukan sejak 2018 ini dilaksanakan Minggu, 5 Juni 2022 di tiga desa pada dua kecamatan yang ada di Kabupaten Bangli.

Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli, I Nyoman Diana mengatakan kegiatan tersebut menyasar 20 kepala keluarga kurang mampu dan lansia masing-masing di Banjar Selat Tengah, Desa Selat, Kecamatan Susut; Desa Lumbuan, Kecamatan Susut; dan Banjar Langkan, Desa Landih, Kecamatan Bangli.

“Kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas kami menyongsong perayaan Galungan. Program ini adalah program lanjutan yang sudah kami lakukan sejak 2018 silam. Saat ini sudah yang ke-7 kami lakukan setiap menjelang Galungan,” katanya.

Baca Juga:

Kegiatan tersebut merupakan praktik revitalisasi tradisi ngejot yang diwarisi masyarakat Bali. Tradisi ini dipandang sangat luhur dan kaya akan nilai solidaritas, sehingga perlu direvitalisasi dalam konteks kekinian.

Pemuda asal Desa Songan, Kintamani ini mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya sejatinya hanya sekadar sebagai inisiator dan fasilitator. Adapun paket sembako yang disalurkan merupakan sumbangan masyarakat umum yang telah dibuka pihaknya sejak beberapa waktu lalu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi dalam gerakan ini baik dalam bentuk materi berupa donasi maupun pemikiran yang diberikan. Sebagai bentuk transparansi ke publik, laporan dari kegiatan ini akan kami segera laporkan di akun media sosial kami,” kata Diana berharap program tersebut dapat bermanfaat dan bisa digulirkan secara berkelanjutan.

Terkait dengan aksi solidaritas itu, Kepala Dusun Langkan, Landih, Bangli, I Nengah Berata menyatakan apresiasinya kepada Peradah Bangli. “Kami mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada Pemuda Hindu Bangli karena telah memilih warga kami sebagai sasaran dalam gerakan ini. Semoga ke depan bisa terus berlanjut,” katanya yang turut mendampingi pembagian sembako.

Sementara itu, Ketua DPP Peradah Indonesia Bali, I Putu Eka Mahardika, mengatakan bahwa Peradah Ngejot adalah program yang dilakukan oleh Peradah Indonesia di Provinsi Bali. Kegiatan ini disebut sebagai wujud revitalisasi tradisi “ngejot” yang telah eksis dalam budaya Bali sejak masa silam. Tujuannya tidak lain berupaya membagi kebahagiaan Hari Suci Galungan kepada masyarakat kurang mampu.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa untuk pengurus provinsi, pihaknya akan melakukan kegiatan Peradah Ngejot di Kabupaten Jembrana. Kegiatan tersebut akan digelar pada Senin, 6 Juni 2022.

“DPP Peradah Indonesia Bali apresiasi langkah DPK Peradah Indonesia Bangli yang telah konsekuen melakukan Peradah Ngejot sebagai langkah menyambut Hari Suci Galungan yang jatuh tanggal 8 Juni 2022 ini. Kegiatan ini adalah komitmen nyata dari DPK Peradah Bangli untuk konsisten menjaga tradisi sekaligus membantu masyarakat kurang mampu agar tetap magalung. Semoga nanti bisa lebih meluas dan ragam jotan yang dibagikan bervariasi,” kata akademisi Universitas Warmadewa ini. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories