Bersama Tangani Covid-19, IDI Diharap Dukung Program Vaksinasi Booster

Ketut Lihadnyana menerima audiensi IDI Cabang Denpasar. (Balinesia.id/ist)

Buleleng, Balinesia.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Buleleng diharapkan turut ikut mendukung program vaksinasi booster di Buleleng sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19. Sebab, penanggulangan Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama.

Demikian diharapkan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana ketika menerima audiensi Ketua, dr. I Wayan Parna Arianta, MARS dan Pengurus IDI Cabang Buleleng, Selasa, 20 September 2022.

Baca Juga:

Lihadnyana mengatakan tugas penanganan Vovid-19 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun semua pihak. Oleh karena itulah, IDI yang menjadi mitra pemerintah dalam hal pemenuhan hak dasar masyarakat di bidang kesehatan harus berkontribusi meningkatkan capaian vaksinasi booster di Buleleng. "Secara teknis memang menjadi tugas Dinas Kesehatan, namun kolaborasi menjadi penting," terangnya.

Menurut Lihadnyana menilai vaksinasi booster di Buleleng masih rendah. Masalah tersebut tidak bisa selesai hanya oleh dinas teknis, namun kolaborasi dari kekuatan sosial lain. “Sinergi yang baik juga dilakukan dengan komunikasi dan koordinasi yang bagus. Dinas Kesehatan sendiri tidak akan mampu mendatangkan masyarakat untuk vaksin apabila kita tidak menggandeng yang lain,” katanya.

Terhadap hal tersebut, Lihadnya meminta agar dinas kesehatan bisa menyesuaikan data penerima vaksinasi booster dengan jumlah vaksin yang dimiliki, sehingga kekurangan stok vaksin dapat dicegah. “Jangan sampai kekurangan vaksin. Saya sudah koordinasikan ke Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Mereka akan support vaksin, tapi jangan sampai capaian di Buleleng masih rendah,” katanya. 

jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories