Berlangsung Seru, Lomba Debat Mabasa Bali BBB Ke-5

Para peserta beradu argumen dalam Lomba Debat BBB ke-5, Senin, 20 Februari 2023. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Lomba Wimbakara Debat Mabasa Bali (Lomba Debat Berbahasa Bali) tingkat SMA/K di Bali serangkaian Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 tahun 2023 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya Bali, Denpasar, Senin, 20 Februari 2023 berlangsung seru.

Di hadapan dewan juri, setiap peserta beradu argumen dan mempertahankan argumennya masing-masing. Para juri secara umum menilai peserta tampil dengan baik dan fasih menggunakan bahasa Bali, yang menunjukkan peningkatan kualitas jika dibandingkan dengan gelaran yang digelar beberapa tahun sebelumnya.

Penilaian itu diakui dewan juri, Drs. I Nengah Medera, M.Hum. Secara kualitas, pelaksanaan lomba yang diikuti sembilan duta dari masing-masing kabupaten/kota itu memang meningkat. Hal ini pun dipandang wajar, sebab pada awal-awal lomba tersebut digelar, para peserta masih mencari model untuk berdebat menggunakan bahasa Bali.

Baca Juga:

Ia menjelaskan, dalam lomba tersebut, peserta diposisikan pada dua kubu, yakni kelompok pendukung dan kelompok pembantah. “Kami menilai bukan materi topik debat itu, tetapi kemampuan anak-anak untuk mengekspresikan diri dengan bahasa Bali mengenai suatu masalah. Peserta yang tampil kali ini sungguh lumayan, penuh semangat, dan bahasanya bagus,” katanya. 

Penilaian serupa dinyatakan juri lainnya, Drs. I Gusti Bagus Lanang Subamia, M.Pd. Menurutnya, lomba tersebut memang sangat menarik, khususnya bagi yang hobi menyaksikan debat. Kesempatan itu pun dinilai sangat langka, dan pihaknya merasa bersyukur atas dilaksanakannya BBB yang memfasilitasi materi seperti itu.

Baca Juga:

Menurutnya, peserta yang ambil bagian telah dengan lugas mengungkapkan isi hatinya dalam Bahasa Bali. Tidak sedikit peserta yang kemudian merasa tertantang untuk belajar Bahasa Bali, bahkan penuh semangat melawan tim lawannya. “Terkadang peserta yang berada di grup pendukung, itu harus melawan grup yang menolak, walaupun terkadang dalam hatinya juga menolak, tetapi ia harus melakukan berbagai upaya mematahkan penolakan dari grup lawan,” katanya.

Wimbakara Debat Mabasa Bali merupakan satu dari tiga lomba yang digelar pada Senin, 20 Februari 2023. Selain debat, pada hari itu juga dilaksanakan Wimbakara Nyurat (Menulis) Aksara Bali untuk tingkat SD dan Wimbakara Ngwacen (Membaca) Lontar.

Baca Juga:

Kepala Bidang Sejarah dan Dokumentasi Kebudayaan Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, Drs. A.A. Ngurah Bagawinata, mengatakan peserta lomba merupakan perwakilan kabupaten/kota di Bali. Sebelumnya penyelenggara bersama kabupaten/kota telah menyepakati 6 jenis lomba yang dilombakan di tingkat desa, kabupaten/kota, maupun tingkat Provinsi Bali.

Peserta yang tampil di tingkat Provinsi Bali adalah pemenang dari lomba yang digelar di kabupaten/kota dan merupakan terbaik di tingkat desa adat dan desa dinas. “Ini kan sudah ada SE yang merupakan payung hukum untuk melaksanakan Bulan Bahasa Bali di desa, adat atau dinas, dan kabupaten kota, hingga provinsi. Dalam payung hukum itu sudah berisi panduan yang sudah disosialisasikan sebelumnya, sehingga korelasinya nyambung,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories