Lomba Nyurat Aksara Bali, Sudarsana: Kualitas Peserta Meningkat

Pelaksanaan Wimbakara (Lomba) Nyurat Aksara Bali Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Wimbakara (Lomba) Nyurat Aksara Bali tingkat SD yang dilaksanakan serangkaian Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 tahun 2023 menunjukkan peningkatan kualitas. Hanya saja beberapa hal tetap mesti diperhatikan peserta, misalnya terkait pasang aksara Bali dan komposisi.

“Lomba nyurat aksara Bali dalam Bulan Bahasa Bali ke-5 dari segi kualitas sudah ada peningkatan. Baik dari bentuk dan pasang aksara,” kata perwakilan Dewan Juri, I Ketut Sudarsana usai penilaian lomba yang dilaksanakan di depan Gedung Kriya, Taman Budaya Bali, Denpasar, Senin, 20 Februari 2023.

Baca Juga:

Dalam pemnilaiannya terhadap peserta yang merupakan duta dari setiap kabupaten/kota di Bali itu, praktisi menulis lontar ini menjelaskan hasil karya penulis semakin mendekati sempurna. Sebagaimana penyelenggaraannya, Lomba Nyurat Aksara Bali yang diperuntukkan untuk anak SD itu belum memakai lontar, namun menulis di atas kertas dengan menggunakan alat tulis pensil.

Berdasarkan pengamatan juri, para peserta menulis aksara Bali dengan bentuk dan pasang aksara yang sangat menarik. Para peserta juga disebut terbilang cepat menyelesaikan tulisan. Meskipun lomba yang durasi waktu sekitar 2 jam, namun para peserta sudah ada yang menyelesaikan di jam pertama, walau masih ada komposisi bentuk yang bisa diperbaiki.

Baca Juga:

Sudarsana menilai, peningkatan kualitas karya para peserta tidak terlepas dari program Pemerintah Provinsi Bali yang konsisten melaksanakan Bulan Bahasa Bali dengan memasukkan materi nyurat aksara Bali. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalankan kiat-kita orang Bali, terutama pengambil kebijakan untuk tetap ngajegang, melestariang aksara Bali yang sangat berkaitan dengan pelaksanaan upacara yadnya di Bali. Semua petunjuk-petunjuk, juklak keagamaan dan adat bersumber dari ajaran Hindu yang ditulis oleh para leluhur dalam aksara Bali. Program ini mesti dilanjutkan dan berkesinambungan,” harapnya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories