BBB V Bangli Dibuka, Dimeriahkan 4 Macam Lomba

Pembukaan Bulan Bahasa Bali ke-5 di Kabupaten Bangli, Senin, 13 Februari 2023. (Balinesia.id/ist)

Bangli, Balinesia.id – Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 di Kabupaten Bangli dibuka secara resmi pada Senin, 13 Februari 2023. Sebanyak empat macam lomba akan memeriahkan hajatan yang idmaknai sebagai altar pemuliaan bahasa, aksara, dan sastra Bali itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta menjelaskan empat perlombaan yang mereka gelar. Empat perlombaan itu antara lain Lomba Nyatua Bali Paiketan Krama Istri, Nyurat Aksara Bali tingkat SD, Nyurat Lontar tingkat SMP, dan Lomba Debat Bahasa Bali tingkat SMA/ SMK.

Baca Juga:

“Lomba ini dilaksanakan dari tanggal 13 Februari 2023 hingga 15 Februari 2023, dengan melibatkan para Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Bangli sebagai juri dalam perlombaan tersebut,” katanya dalam dalam pembukaan BBB ke-5 di Balai Banjar Adat Kawan, Kelurahan Kawan, Bangli.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan bahwa Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan eksistensi bahasa, aksara dan sastra Bali sebagai akar kebudayaan Bali.

Baca Juga:

Menurut Sedana Arta, bahasa Bali bukan hanya untuk ajang perlombaan saja. “Tetapi, lebih kepada bagaimana kita menjaga dan melestarikan bahasa, sastra, dan aksara serta sebagai pelopor untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga karakter dan identitas masyarakat Bali tetap terjaga untuk selamanya,” kata bupati asal Susut itu. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories