Drama Gong Lawas “Pengeruakan Gering Sasab Merana” Siap Tutup BBB V

Salah satu adegan pementasan drama gong lawas "Dukuh Suladri" yang dipentaskan Peguyuban Peduli Drama Gong Lawas pada medio Desember 2022. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id – Penutupan Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 pada Selasa, 28 Februari 2023 mendatang dijadwalkan akan ditutup dengan pementasan drama gong lawas berjudul “Pengeruakan Gering Sasab Merana”. Pementasan akan digelar di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar.

Rencana tersebut dibenarkan Ketua Paguyuban Peduli Drama Gong Lawas, A.A. Gede Oka Aryana. Didampingi Wakil Ketua Paguyuban, Dewa Putu Kadel, ia mengatakan pementasan tersebut akan berdurasi selama 60 menit. Pementasan itu pun akan dikoordinasikan oleh Wayan Puja, Jro Suyadnya, dan A.A. Gede Kartika.

Baca Juga:

Aryana mengatakan pada akhir pekan lalu pihaknya telah berkoordinasi dengan penyelenggara BBB ke-5. Pertemuan yang dilakukan di Dinas Kebudayaan Bali itu mempertemukan para seniman drama gong lawas, penabuh, dan unsur Dinas Kebudayaan Bali. 

Suksmaning manah (terima kasih) saya ucapkan karena sudah dipercaya kembali untuk ikut berpartisipasi mendukung program pembangunan Pemerintah Provinsi Bali yang dimotori oleh Gubernur Bali, Bapak Wayan Koster dengan visinya ‘Nangut Sat Kerthi Loka Bali’. Terlebih pada saat ini dalam rangka Bulan Bahasa Bali yang memiliki tujuan mulia melestarikan bahasa, aksara dan sastra Bali,” katanya.

Baca Juga:;

Sementara itu, Sekretaris Paguyuban, Drs. I Gusti Putu Nuraga, mengatakan menyongsong pementasan tersebut pihaknya akan melakukan latihan dengan para penabuh antara tanggal 16-18 Februari 2023. 

“Latihan penabuh dilakukan secara terpisah di Br. Petak, Gianyar di kediaman A.A. Gede Putra Yasa yang juga seorang Bendesa Adat Petak, yang selalu mendukung penuh setiap acara dari Kegiatan Paguyuban Peduli Seni Drama Gong Lawas,” kata dia.

Baca Juga:

Selanjutnya, latihan gabungan kembali antara penabuh dan pregina dilakukan pada 19 Februari 2023 di Sekretariat Paguyuban Jalan Gandapura II No. 1 Kesiman, Kertalangu, Denpasar. Sedangkan, gladi kotor dalam rangka kunjungan tim kurator pada 21 Februari 2023 dan gladi bersih dilakukan di Ksirarnawa dilakukan pada 27 Februari 2023.

Sebelumnya, Paguyuban Peduli Seni Drama Gong Lawas sempat melakukan pementasan drama gong lawas berjudul “Dukuh Suladri” pada pertengan Desember 2022 lalu. Pementasan tersebut berhasil mengajak para legenda drama gong sehingga berhasil meraih atensi dan apresiasi publik. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories