Akomodasi Lonjakan Penumpang Jelang Libur Nataru, Pelni Siapkan 26 Kapal Penumpang dan 42 Kapal Perintis

Akomodasi Lonjakan Penumpang Jelang Libur Nataru, Pelni Siapkan 26 Kapal Penumpang dan 42 Kapal Perintis

JAKARTA - Jelang periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) telah mempersiapkan armada mereka guna mengakomodasi lonjakan penumpang. Sejumlah 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis telah disiapkan, dengan menawarkan total kapasitas hingga 51.296 seat.

Dilansir Antara, Kamis, 11 November 2023, periode liburan Natal dan Tahun Baru 2024 telah ditetapkan mulai dari 11 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024. Dalam rentang waktu ini, puncak perjalanan diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023. 

Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan terjadi pada tanggal 4 Januari 2024. Periode liburan natal dan tahun baru sering kali menjadi waktu yang sibuk bagi banyak orang yang merencanakan perjalanan dan mengunjungi keluarga serta teman-teman mereka.

Pelni memproyeksi sepuluh rute prioritas  yang akan terjadi kepadatan selama periode ini. Rute-rute tersebut antara lain Batam - Belawan, Belawan - Batam, Bau Bau - Makassar, Makassar - Bau Bau, Makassar - Surabaya, Batam - Tanjung Priok, Surabaya - Makassar, Jayapura - Biak, Balikpapan - Pare Pare, dan Sorong - Ambon.

Pihak Pelni telah mengumumkan bahwa tiket kapal untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan mulai tersedia pada Jumat, 17 November 2023. 

Pembelian tiket dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi resmi PELNI Mobile Apps, situs web resmi, loket kantor cabang, dan mitra penjualan tiket yang telah resmi bekerja sama dengan Pelni.

Meskipun pembelian tiket secara langsung tidak lagi tersedia, loket yang berada di kantor cabang Pelni di Jakarta, Surabaya, dan Makassar tetap melayani pelanggan untuk kebutuhan pengembalian dana atau refund, memberikan informasi terkait rute dan jadwal kapal, serta membantu dalam persiapan keberangkatan rombongan.

Pelni berkomitmen secara penuh untuk menyediakan layanan yang optimal kepada para pelanggan yang merencanakan perjalanan selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Dengan fokus pada pelayanan terbaik, Pelni berusaha menjaga kepuasan dan kenyamanan pelanggan selama periode liburan tersebut.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 17 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories