5 Cara Mengatur Uang Ketika Menganggur

5 Cara Mengatur Uang Ketika Menganggur (Freepik)

JAKARTA, Balinesia.id - Menganggur karena baru saja di-PHK atau belum mendapatkan pekerjaan usai lulus kuliah memang menjadi hal yang tidak menyenangkan. Hal ini karena kita membutuhkan pekerjaan untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Di masa-masa ini, Anda dituntut untuk lebih cerdas dalam mengatur uang. Hal ini dilakukan agar Anda bisa tetap bertahan hidup meski tidak ada pemasukan sama sekali.

Cara Mengelola Keuangan Saat Menganggur

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar uang yang Anda miliki bisa mencukupi kebutuhan Anda.

1. Mulai Lebih Awal

Setelah di-PHK atau belum mendapatkan kerja, sesegera mungkin kendalikan situasi Anda. Jika pekerjaan Anda terpengaruh dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu dalam jangka panjang, lebih baik segera menilai kembali anggaran Anda daripada menunggu sampai Anda menghabiskan sebagian besar tabungan.

Anda bisa mulai menghitung pengeluaran lebih awal dan apa yang harus dikurangi untuk menghemat uang. Hal ini akan menurunkan kebutuhan bulanan Anda yang nantinya akan membuat dana darurat bertahan lebih lama.

2. Bedakan Keinginan dari Kebutuhan

Selanjutnya, kategorikan semua pengeluaran Anda ke dalam salah satu dari kategori, keinginan dan kebutuhan. Jika Anda menganggur, maka anggaran dasar Anda hanya boleh digunakan untuk kebutuhan bertahan hidup.

Pengeluaran yang termasuk dalam kategori kebutuhan hidup antara lain makanan, sandang, dan papan. Meski begitu, Anda tetap bisa menghemat uang dari kategori tersebut.

3. Cari Peluang Usaha Sampingan

Bagi banyak orang, keterampilan yang Anda peroleh di pekerjaan utama mungkin dapat ditransfer ke posisi lepas lainnya di dunia kerja. 

Jika Anda masih memiliki contoh hasil pekerjaan sebelumnya, Anda dapat membangun portofolio lalu ‘jual’ melalui LinkedIn atau platform untuk mencari kerja.

4. Jual Barang yang Tidak Lagi Digunakan

Ketika Anda masih bekerja, mungkin Anda sering tergoda membeli barang-barang untuk hobi, seperti kamera, cat air, buku atau novel, dan sebagainya. Benda-benda tersebut jika sudah tidak digunakan lagi, bisa Anda jual.

Selain membuat kamar Anda jadi lebih rapi dan bersih, Anda juga mendapatkan uang tambahan untuk bertahan hidup.

5. Cari Hiburan yang Gratis

Tidak dapat dipungkiri ketika Anda menganggur mungkin Anda merasa stres. Jika Anda merasa demikian, tidak ada salahnya jika Anda istirahat sebentar dengan mencari hiburan gratis. Anda bisa meminjam buku di perpustakaan, mengakses wi-fi gratis, atau bersantai di taman. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan ketika menganggur.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories