Jelang Momen Libur Nataru, KAI Siapkan 2,72 Juta Kursi

Jelang Momen Libur Nataru, KAI Siapkan 2,72 Juta Kursi (trenasia.com)

JAKARTA - Jelang momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI secara resmi membuka penjualan tiket. Bahkan, KAI sudah menyiapkan 2,72 juta kursi dan pembelian tiket telah dapat dilakukan sejak 6 November 2023, kemarin. 

VP Public Relations, Joni Martinus mengatakan bagi masyarakat yang akan memanfaatkan momen libur Nataru 2024, sudah dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler melalui berbagai saluran pembelian tiket KA mulai dari H-45 dari tanggal keberangkatan.

“Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," kata Joni dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa, 07 November 2023.

Joni menjelaskan bahwa tarif tiket kereta api komersial selama periode Nataru tetap mengikuti ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) hingga Tarif Batas Atas (TBA). Sementara itu, untuk tiket Kereta Api Public Service Obligation (PSO), tarifnya akan tetap sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

2,72 Juta Kursi

Pada momen libur Nataru 2024 mendatang, Joni mengungkapkan bahwa KAI telah menyiapkan 3.888 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh reguler, dengan kapasitas sebanyak 2,2 juta tempat duduk. 

Sementara itu, untuk Kereta Api Lokal reguler, KAI menyiapkan 1.296 perjalanan dengan sekitar 521.000 tempat duduk. Dengan demikian, jumlah total tempat duduk yang disediakan selama periode libur Nataru ini mencapai sekitar 2,72 juta kursi.

Lantas untuk pengoperasian kereta api tambahan pada masa libur Nataru 2024 akan diinformasikan lebih lanjut. Adapun, periode angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan kereta api pada 21 Desember 2023-7 Januari 2024. 

Saat ini, tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya. Lalu, untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada masa Nataru 2024, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. 

“KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” tutup Joni.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 07 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories