5 Tips Hemat Liburan Bersama Keluarga

5 Tips Hemat Liburan Bersama Keluarga (Freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Liburan Natal dan Tahun Baru memang selalu ditunggu-tunggu banyak orang. Pasalnya, liburan Nataru cenderung panjang sehingga bisa dihabiskan dengan berkumpul dan bersenang-senang bersama keluarga.

Namun, berlibur dengan semua anggota keluarga bagi sebagian orang memang bukan hal yang mudah. Hal ini karena semakin banyak anggota keluarga, itu artinya pengeluaran yang harus dilakukan juga semakin banyak.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Inti dari liburan sendiri adalah bersenang-senang, jadi Anda tidak perlu memaksakan diri untuk berlibur di luar budget yang Anda buat.

Jika Anda ingin berlibur secara hemat, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Hemat Liburan Bersama Keluarga

1. Tentukan Anggaran Anda

Sebelum Anda memulai, Anda akan memiliki 4 pos pengeluaran, seperti pengeluaran untuk transportasi, akomodasi, makanan, dan kegiatan. Dari keempat pos pengeluaran tersebut pilih mana saja yang lebih penting untuk Anda, buat daftarnya lalu urutkan berdasarkan prioritas untuk membantu Anda memulai.

2. Pilih Lokasi Wisata yang Dekat dari Tempat Tinggal

Ini adalah hal yang paling mudah agar Anda tidak kehabisan banyak uang saat liburan, yaitu pilih destinasi yang tidak terlalu jauh. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menghemat biaya transportasi dan penginapan, yang tentunya harganya lebih mahal karena sedang peak season.

3. Pilih Tempat Menginap yang Ramah Keluarga

Jika Anda harus menginap, Anda harus mencari penyewaan penginapan yang ramah keluarga karena biasanya lebih hemat biaya daripada di hotel. Pastikan tempat penginapan yang Anda sewa memiliki ruangan yang cukup untuk membuat Anda beristirahat sementara anak-anak tidur di tempat tidur. Selain itu, Anda juga bisa membawa permainan dan buku dari rumah agar anak-anak tidak bosan.

4. Menghemat Biaya Makan dan Hiburan

Jika Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa menyewa penginapan yang sudah menyediakan dapur dan alat masak. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat makanan untuk keluarga Anda.

Selain itu, daripada pergi ke taman hiburan yang tiket masuknya cukup mahal untuk satu orang, Anda bisa mencoba memanfaatkan daerah wisata yang lebih murah atau justru gratis seperti pantai.

5. Patuhi Rencana Perjalanan

Tidak semua orang menyukai spreadsheet, tapi merencanakan perjalanan ternyata cukup membantu Anda menghemat pengeluaran. Anda bisa mencoba merencanakan perjalanan dengan merancang berapa hari Anda akan pergi, berapa biaya maksimal yang harus Anda keluarkan.

Pastikan Anda juga memperhitungkan biaya untuk makan, camilan, minuman, biaya perjalanan, aktivitas setiap hari, sekaligus biaya akomodasi setiap malam.

Itu tadi beberapa tips hemat liburan bersama keluarga. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories