5 Penyebab Mengapa Anda Sering Sulit Tidur

Sering Sulit Tidur? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya (Freepik)

JAKARTA - Tidur adalah salah satu bagian penting dari kesehatan seseorang. Namun, tidak jarang kita mengalami kesulitan untuk merasakan manfaat tidur yang cukup. 

Sulit tidur adalah masalah umum yang bisa dialami siapa saja, dan sebagian besar dari kita tentu pernah mengalami periode sulit tidur dalam hidup.

Berikut 5 alasan yang mungkin menjadi penyebab mengapa Anda sulit tidur. 

Alasan Mengapa Anda Sulit Tidur

1. Stres, Cemas dan Overthinking

Apa yang terjadi di kehidupan sehari-hari dapat memberikan tekanan pada kesejahteraan mental kita, dan waktu tidur biasanya menjadi waktu yang tepat bagi otak kita untuk memutar kembali semua kekhawatiran dan stres pada hari itu. 

Saat kita memikirkan terlalu banyak hal dan stres memengaruhi kita, sulit untuk bersantai dan beristirahat. Jadi, cobalah untuk menenangkan pikiran Anda sebelum tidur dengan teknik relaksasi seperti meditasi atau teknik bernapas.

Anda juga bisa memanfatkan jurnal untuk mencatat pikiran Anda, melepaskan beban pikiran, dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

2. Screentime Sebelum Tidur

Sangat mudah bagi kita untuk terjebak melakukan doom scrolling atau menonton acara hingga larut malam. 

Tapi tahukah Anda bahwa kebiasaan ini bisa mengganggu ritme sirkadian alami tubuh kita? 

Layar ponsel merangsang otak berlebihan dan cahaya biru buatannya mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur tidur. 

Itulah alasan mengapa kita disarankan untuk berhenti melihat ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur, atau minimal, kurangi kecerahan layar dan ubah warnanya menjadi hitam dan putih. 

3. Masalah Emosional yang Belum Teratasi

Pikirkan kembali waktu terakhir Anda kesulitan tidur. Apakah ada perasaan berat di dada yang membuat Anda berguling-guling sepanjang malam? 

Masalah emosional yang belum terselesaikan bisa membuat pikiran Anda terlalu sibuk untuk tidur, jadi penting untuk mencari dukungan dan berbicara dengan seseorang tentang beban emosional yang mungkin Anda rasakan, terutama jika hal itu serius mengganggu tidur Anda.

4. Ritual Tidur yang Kurang Baik

Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum tidur? Bagi sebagian besar orang, hal ini biasanya mencuci muka atau menyikat gigi. Tapi karena tubuh kita menyukai rutinitas, penting untuk menciptakan ritual tidur yang memberi sinyal pada diri kita sendiri bahwa sudah saatnya untuk bersantai dan membantu kita tidur lebih cepat. 

Jadi, temukan kegiatan yang menenangkan seperti yoga ringan, membaca buku fisik, atau mendengarkan podcast, dan buatlah ritual tidur yang sesuai dengan Anda.

5. Terlalu Banyak Kafein

Meskipun kopi bagus sebagai pendorong semangat di pagi hari, kafein tetap berada di tubuh kita selama 6-10 jam, menghambat kemampuan kita untuk tidur.

Jadi, sambil menikmati secangkir kopi di pagi hari, hindari minum kopi lagi 6 jam sebelum tidur untuk memastikan tidur malam yang lebih baik. Atau Anda juga bisa memilih kopi tanpa kafein untuk memuaskan rasa tanpa efek samping yang mengganggu tidur.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 28 Jan 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories