5 Makanan Terbaik yang Membantu Anda Cepat Tidur

5 Makanan Terbaik yang Membantu Anda Cepat Tidur (Freepik)

JAKARTA - Masalah kurang tidur tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah dalam kegiatan masyarakat saat ini. Banyak di antara kita bahkan dengan santai bercanda tentang kurangnya istirahat. 

Kita bahkan mungkin menyalahkan kewajiban atau kegiatan hidup sehari-hari yang menyebabkan kurang tidur dan tampaknya merupakan hal yang lumrah jika tidur terganggu oleh periode terjaga pada malam hari seperti biasanya.

Padahal, tidur yang cukup yaitu tujuh hingga delapan jam setiap hari untuk melindungi kesehatan. Diketahui bahwa orang dewasa yang sering tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam memiliki peningkatan risiko masalah kesehatan tertentu, seperti obesitas, diabetes, hipertensi, dan depresi.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa cepat tertidur? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya mampu mengatasi masalah tidur Anda.

Berikut penjelasannya.

Bahan Makanan yang Mampu Atasi Masalah Tidur

1. Kiwi

Buah kiwi dikenal lewat kulitnya yang memiliki bulu halus dan rasanya yang asam. Namun, buah kiwi juga dikenal memiliki manfaat positif terhadap tidur.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Asia Pacific Journal of Clinic Nutrition pada 2011 lalu menyebutkan bahwa orang dewasa dengan gangguan tidur dilaporkan menemukan peningkatan dalam durasi dan efisiensi tidur setelah empat minggu usai mengonsumsi kiwi secara teratur.

2. Kacang-kacangan

Triptofan, asam amino yang berperan sebagai prekursor neurotransmitter serotonin ternyata dikaitkan dengan siklus tidur-bangun. Triptofan ditemukan dalam berbagai bahan makanan, seperti kacang tanah, kalkun, susu, dan telur. Selain itu, triptofan dikenal mampu membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan alfa-laktalbumin, protein yang dapat mengurangi rasa kantuk di pagi hari dan meningkatkan kewaspadaan di pagi hari setelah konsumsi. Sedangkan asupan kalsium yang lebih sedikit telah dikaitkan dengan masalah tidur.

4. Ceri Asam

Melatonin, yaitu hormon yang terbuat dari serotonin dan terkait dengan pengaturan ritme sirkadian ternyata secara alami terdapat dalam sejumlah kecil makanan. Salah satu makanan yang mengandung melatonin adalah ceri asam.

Sebuah studi yang menyelidiki efek buah ceri asam menemukan bahwa peserta penelitian mengalami peningkatan waktu di tempat tidur, total waktu tidur, dan efisiensi tidur usai mengonsumsi konsentrat jus ceri asam.

Itu tadi rekomendasi bahan makanan yang dipercaya ampuh atasi masalah tidur. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories