5 Cara Menghemat Uang Selama Ramadan

5 Cara Menghemat Uang Selama Ramadan (Freepik)

JAKARTA - Awal bulan Maret ini masyarakat Muslim di Indonesia mulai menunaikan ibadah puasa Ramadan. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang mengeluh tingginya pengeluaran saat Ramadan.

Hal itu mungkin karena kebiasaan orang-orang saat Ramadan yang kerap menghabiskan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga dengan makan di luar. Selain itu, banyak membeli makanan buka puasa yang berlebihan juga cenderung membuat Anda jadi boros.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Mengelola Uang Saat Ramadan

1. Tetap Sederhana

Ramadan sebetulnya menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kemanusiaan dan kesederhanaan. Oleh karena itu Anda perlu menerapkan nilai-nilai tersebut dengan tetap mempraktikkan kesederhanaan dalam pengeluaran keuangan Anda.

Oleh karena itu, daripada mengadakan jamuan buka puasa yang mewah, Anda bisa memilih berbuka puasa dengan menu bergizi dan secukupnya di rumah bersama orang yang Anda cintai.

2. Disiplin pada Anggaran Anda

Anda dapat lebih hemat saat tetap berpegang pada anggaran yang Anda buat. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap berpegang teguh pada anggaran pembelanjaan untuk bulan Ramadan. Anda juga tidak boleh menggunakannya sebagai alasan untuk berbelanja.

Anda juga bisa membuat anggaran khusus Ramadan secara terpisah yang mencakup semua pengeluaran yang perlu Anda keluarkan selama bulan tersebut. Biaya ini bisa digunakan untuk belanja pakaian, makanan, hadiah atau sedekah, dan lain sebagainya.

3. Turunkan Biaya Perjalanan

Jika Anda berencana untuk bepergian selama bulan Ramadan, rencanakan perjalanan sekaligus rute perjalanannya terlebih dahulu agar lebih hemat. Selain itu, Anda juga bisa membeli tiket mudik jauh-jauh hari agar harga tiketnya lebih murah.

4. Berhemat Saat Membagikan Hadiah

Tidak dapat dipungkiri, tentu Anda merasa bahagia saat memberikan hadiah spesial kepada saudara atau orang tersayang. Namun, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyebarkan cinta dan kebahagiaan tersebut, apalagi sampai membuat Anda kesulitan.

5. Manfaatkan Diskon

Pada umumnya saat tanggal kembar atau menjelang momen lebaran akan ada banyak diskon yang bisa Anda manfaatkan. Hal ini tentu akan sangat membantu menghemat pengeluaran Anda.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran saat Ramadan. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories