5 Bukti Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan

5 Bukti Sarapan Dapat Menurunkan Berat Badan (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Sarapan adalah waktu makan yang penting untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Selain itu, sarapan ternyata dapat mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

Salah satu cara agar sarapan bisa menurunkan berat badan adalah dengan menambahkan bahan makanan yang mengandung protein yang cukup, serat, dan lemak sehat yang akan membantu Anda tetap berenergi.

Namun, hal penting yang perlu diperhatikan mengenai manfaat ini adalah jenis sarapan yang Anda makan. Mengonsumsi sarapan yang seimbang dan padat nutrisi akan memberi manfaat lebih daripada sarapan yang penuh gula tambahan dan nol nutrisi.

Bukti Sarapan Menurunkan Berat Badan

Memulai hari Anda dengan sarapan yang sehat dan kaya nutrisi dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan Anda, dengan cara seperti berikut.

1. Sarapan Pagi Dapat Memberi Anda Energi

Sarapan memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, sarapan akan membantu Anda tetap fokus dan waspada, meningkatkan kinerja fisik dan mental secara keseluruhan sehingga memungkinkan Anda jadi lebih produktif.

Meski hal tersebut tidak langsung berhubungan dengan efek penurunan berat badan, nyatanya memiliki lebih banyak energi sepanjang hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena Anda merasa lebih waspada dan termotivasi untuk mencapai tujuan olahraga atau memasak makanan sehat untuk diri sendiri.

2. Membuat Tubuh Merasa Kenyang

Mengonsumsi makanan berkalori di pagi hari dapat membantu Anda kenyang dan mengendalikan nafsu makan sepanjang sisa pagi hari Anda. Oleh karena itu, Anda akan lebih siap menghadapi hari itu dengans arapan.

Sarapan juga mencegah munculnya rasa lapar ekstrem di siang hari, sesuatu yang sering kali membuat Anda memilih makanan yang tidak sehat. Sarapan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol ukuran porsi makanan lainnya. 

3. Sarapan Membantu Anda Menghindari Keinginan Ngemil di Malam Hari

Sarapan yang tinggi serat, karbohidrat, dan protein akan mengatur gula darah pada tingkat yang stabil sepanjang hari dan dapat membantu Anda menghindari keinginan ngemil di kemudian hari.

Meski banyak orang berpikir melewatkan sarapan akan menghemat kalori, mereka justru sering kali malah mengonsumsi kembali kalori tersebut dalam bentuk sampah atau makanan tidak bergizi di kemudian hari.

4. Mendapatkan Lebih Banyak Serat

Sarapan memberi Anda kesempatan untuk menambahkan lebih banyak serat ke dalam hari Anda. Serat sendiri adalah nutrisi yang sangat penting untuk menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menyebutkan bahwa serat terkait dengan penurunan berat badan yang lebih besar. Selain itu, makanan berserat tinggi juga lebih mengenyangkan dibandingkan jenis makanan lainnya. Itu artinya Anda bisa merasa lebih kenyang dengan kalori yang lebih sedikit.

5. Anda Memperoleh Banyak Tambahan Protein

Selain mendapatkan tambahan serat, sarapan juga bisa menjadi kesempatan lain untuk memperoleh jumlah protein yang cukup untuk hari itu. 

Protein memiliki efek positif pada metabolisme dan rasa kenyang, serta mampu menurunkan rasa lapar dan asupan makanan secara keseluruhan. Oleh karena itu, diet tinggi protein sering dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih besar.

Itu tadi penjelasan mengenai bukti bahwa sarapan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories