4 Hal yang Harus Dihindari Agar Uang Bertahan Sampai Gajian

4 Hal yang Harus Dihindari Agar Uang Bertahan Sampai Gajian (Freepik.com/Jcomp)

JAKARTA - Bagi para pekerja atau karyawan yang bergantung pada gaji bulanan, tanggal gajian tentu menjadi hal yang paling dinanti. 

Namun terkadang, gaji bulanan seperti hanya numpang lewat di rekening. Akibatnya, Anda terpaksa harus 'mengencangkan ikat pinggang' untuk berhemat agar uang sisa yang dimiliki tidak habis begitu saja. 

Agar terhindar dari kondisi itu, Anda perlu mengevaluasi berbagai pengeluaran bulanan agar tidak melebihi pemasukan. Berikut ini 4 kebiasaan yang harus dihindari.

Hal-hal yang Harus Dihindari Agar Uang Bertahan Sampai Gajian

1. Tidak Menentukan Skala Prioritas 

Uang gaji cepat habis karena Anda tidak menentukan skala prioritas dalam keuangan. Oleh karena itu, mengelola gaji dengan memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu adalah kunci gaji dapat bertahan hingga akhir bulan.

Caranya, bisa dimulai dengan membuat daftar belanja, transportasi, tabungan kesehatan, investasi hingga dana darurat. Pastikan kebutuhan pokok ada di urutan paling atas di pengeluaran bulanan.

2. Self Reward 

Para pekerja zaman sekarang akrab dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri atau disebut self reward. Atas nama ini, terkadang Anda dapat membeli barang-barang tidak diperlukan. 

Alih-alih menyenangkan diri, kedok self reward dapat menguras isi dompet dan menyebabkan gaji cepat habis.

3. Kurang Memperhatikan Pengeluaran Kecil

Saat Anda sudah membuat pos-pos pengeluaran setiap bulan, ada baiknya juga memperhatikan pengeluaran kecil lainnya. Contohnya seperti biaya admin transfer, parkir, atau membeli cemilan sepulang kantor.

Nominal biaya transfer antar bank atau beda platform memang tergolong kecil berkisar Rp1.000 hingga Rp6.500 per transaksi. Namun, jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka uang yang dikeluarkan untuk membayar biaya admin tergolong tidak sedikit.

4. Kebiasaan Berutang

Pernah dengar istilah gali lubang tutup lubang? Lebih baik hindari kebiasaan ini. Apalagi jika Anda berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan yg sifatnya tidak pokok dan mendesak.

Berhutang dapat menjadi penyebab gaji Anda cepat habis karena bunga yang dibebankan. Ada baiknya Anda menabung dahulu jika akan membeli atau melakukan aktivitas yang membutuhkan biaya besar. 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 11 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories