3 Rekomendasi Aplikasi Chat Terbaik di Tahun 2024

3 Rekomendasi Aplikasi Chat Terbaik di Tahun 2024 (Freepik)

JAKARTA - Layanan perpesanan instan atau chat memang telah memudahkan teman dan keluarga, untuk saling berhubungan, berkomunikasi, dan bersosialisasi. Sayangnya, tidak semua layanan chat menjadikan keamanan sebagai prioritas utama.

Akan tetapi, bagi sebagian orang hal itu adalah nilai jual. Masalah keamanan utama pada layanan perpesanan adalah memastikan bahwa hanya penerima yang dituju yang dapat membaca pesan Anda.

Layanan perpesanan terbaik melakukan hal ini dengan proses yang disebut enkripsi end-to-end. Hal tersebut dilakukan di mana pesan dienkripsi sedemikian rupa sehingga hanya penerima yang bisa melihat pesan tersebut, bukan perusahaan perpesanan atau siapapun yang berniat memata-matai aktivitas Anda.

Oleh karena itu, simak rekomendasi perpesanan utama yang diklaim aman untuk Anda.

Rekomendasi Aplikasi Chat Terbaik dan Aman

1. Signal

Seperti yang dilansir dari PCMag, Signal memiliki lapisan keamanan enkripsi end-to-end. Selain itu, Signal juga merupakan organisasi nirlaba sehingga tidak ada alasan apapun untuk mengambil data pengguna.

Bahkan, teknologi yang mendasari Signal ini sangat sukses sehingga ikut diterapkan oleh Google dan Meta. Meski begitu, Signal tidak memiliki fitur yang menyenangkan yang dibanggakan oleh aplikasi perpesanan lain. 

Selain itu, Signal masih belum menjangkau banyak pengguna. Akan tetapi, jika Anda ingin berkomunikasi dengan aman, segera gunakan Signal.

2. WhatsApp

WhatsApp memiliki adopsi teknologi yang luas. Awalnya, WhatsApp dirancang untuk menghindari biaya SMS internasional yang mahal, tapi kini semakin berkembang jadi aplikasi perpesanan instan.

WhatsApp juga memperhatikan keamanan dengan serius dan mengaktifkan enkripsi end-to-end secara default pada semua percakapan yang tidak menggunakan akun bisnis.

Saat ini hampir semua orang mungkin sudah menggunakan WhatsApp, jadi jika Anda mencari aplikasinya Anda tidak perlu meyakinkan orang lain untuk memasangnya.

Meski begitu, menurut PCMag, ada peringatan serius. Pertama, WhatsApp dimiliki oleh Meta sehingga masa depan dan perlindungan privasinya masih dipertanyakan.

Kedua, cadangan pesan berpotensi diakses oleh peretas atau penegak hukum. Namun, WhatsApp sangat jelas mengenai semua ini dan memberikan perbaikan jika memungkinkan.

3. Telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan yang unik. Melalui Telegram, Anda bisa berbicara dengan teman-teman Anda, membuat komunitas, memposting postingan blog yang efektif, mengadakan live streaming, dan sebagainya.

Deretan fitur tersebut tentu menyenangkan bagi pengguna. Namun, seperti yang dilaporkan oleh PCMag, fitur menyenangkan tersebut seolah dirusak oleh keputusan yang berarti Telegram memiliki jaminan keamanan yang lebih sedikit dibandingkan aplikasi lainnya. Diketahui, hanya percakapan khusus yang diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi chat terbaik di 2024 yang bisa Anda coba.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories