Cara Membersihkan Layar Ponsel dengan Aman

Cara Membersihkan Layar Ponsel dengan Aman (Freepik.com/tirachardz)

JAKARTA - Di dunia yang semakin mobil, keberadaan ponsel atau smartphone jadi semakin diperlukan. Hal ini karena smartphone menemani aktivitas kita sepanjang hari baik untuk bekerja, bersantai, dan lain sebagainya.

Meski casing pelindung ponsel memberikan lapisan keamanan terhadap benturan, sebetulnya casing tersebut tidak dapat melindungi perangkat sepenuhnya terutama dari penumpukan kotoran dan noda yang tidak terhindarkan di layar.

Kesalahan Saat Membersihkan Layar Ponsel

Sayangnya, kita sering membersihkan layar ponsel dengan cara yang tidak tepat. Kita menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat seperti kaus oblong, saputangan, atau tisu yang justru akan berdampak buruk bagi layar ponsel.

Meski tampak tidak berbahaya, kain dapat menampung partikel debu yang menggores permukaan layar yang halus. Demikian pula, larutan pembersih yang tidak dirancang khusus untuk barang elektronik seperti pembersih rumah tangga, deterjen, dan pelarut, sangat tidak disarankan.

Produk-produk tersebut seringkali mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak lapisan pelindung layar dan bahkan mengganggu fungsinya.

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Layar Ponsel

Anda tidak membutuhkan alat-alat rumit untuk membersihkan layar ponsel Anda secara efektif. Anda hanya membutuhkan beberapa hal sebagai berikut, seperti yang dilansir Gizchina.

1. Kain Mikrofiber

Kain ini dirancang khusus untuk membersihkan permukaan halus seperti barang elektronik karena lembut dan tidak berbulu. Anda bisa menggunakan kain mikrofiber yang biasa disertakan dengan kacamata atau barang elektronik lainnya.

2. Air Suling

Untuk membersihkan ponsel sehari-hari, air sulingan sudah cukup untuk menghilangkan kotoran dan noda.

3. Isopropil Alkohol

Jika desinfeksi adalah perhatian utama Anda, larutan isopropil alkohol encer dapat digunakan. Akan tetapi, pastikan konsentrasinya sesuai dengan rekomendasi seperti 70%-8-% air sulingan dan 20%-30% alkohol.

Cara Membersihkan Ponsel dengan Aman

Pertama, matikan telepon Anda. Hal ini akan mencegah aktivasi yang tidak disengaja saat dibersihkan.

  1. Basahi salah satu sudut kain mikrofiber. Hindari penggunaan cairan secara berlebihan. Anda lebih bagik menggunakan kain yang sedikit lembap daripada kain basah.
  2. Usap layar secara perlahan dengan gerakan melingkar. Mulai dari bagian atas ponsel dan turunkan.
  3. Keringkan layar. Jika menggunakan air atau alkohol encer, gunakan sudut kain mikrofiber yang kering atau kain kering kedua untuk menghilangkan sisa kelembapan.
  4. Selain itu, Anda juga sebaiknya tidak mengoleskan cairan langsung ke layar. Hal ini dilakukan untuk menghindari tumpahan yang tidak disengaja.

Itu tadi beberapa cara aman membersihkan layar ponsel atau smartphone. Selamat mencoba!

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories