12 Ogoh-ogoh Terbaik di Denpasar Meriahkan Kasanga Festival

Beberapa ogoh-ogoh terbaik yang berpartisipasi dalam kegiatan Kasanga Festival di Kota Denpasar. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Sebanyak 12 ogoh-ogoh terbaik di Kota Denpasar ambil bagian memeriahkan Kasanga Festival pada Sabtu, 18 Maret 2023. Kegiatan itu digelar di kawasan Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar.

“Kegiatan ini memamerkan 12 ogoh-ogoh berukuran besar dan 33 ogoh-ogoh berukuran mini,” kata Ketua Panitia, I Gede Deddy Dwiviana, Sabtu, 18 Maret 2023.

Baca Juga:

Ia mengatakan Kasanga Festival sendiri adalah kegiatan kolaborasi Pasikian Yowana Kota Denpasar dan Komunitas Sing Main-Main, serta didukung penuh Pemkot Denpasar. Pembukaannya dilakukan pada Jumat, 17 Maret 2023, sedangkan parade ogoh-ogoh yang diikuti 12 ogoh-ogoh terbaik itu dilaksanakan pada Sabtu, 18 Maret 2023.

“Kasanga Festival ini adalah wadah berkreasi pemuda Denpasar dalam menyambut hari suci nyepi, khususnya dalam bidang seni ogoh-ogoh,” kata dia. 

Baca Juga:

Sementara itu, Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, A.A. Made Angga Hartayana, mengatakan bahwa Kasanga Festival yang tetap berpedoman pada spirit “Vasudhaiva Kutumbakam” yang mempertemukan berbagai bidang, mulai dari ogoh-ogoh sekaa teruna-teruni (STT), ogoh-ogoh mini, ogoh-ogoh TK/PAUD, sketsa ogoh-ogoh, UMKM, kerajinan, kriya, clothing, merchandise, serta kuliner. 

“Dalam arena Kesanga Festival, turut dipamerkan 12 karya terbaik STT se-Kota Denpasar yang berasal dari 4 Kecamatan. Nantinya, 12 ogoh-ogoh ini akan di paradekan di Kawasan Patung Catur Muka Denpasar pada Sabtu, 18 Maret 2023, atau hari kedua pelaksanaan Kasanga Festival,,” katanya. 

Baca Juga:

Ia merinci, selain menghadirkan 12 ogoh-ogoh terbaik karya STT se-Kota Denpasar, juga turut menghadirkan lomba ogoh-ogoh mini yang diikuti oleh 33 peserta dan lomba sketsa ogoh-ogoh yang diikuti oleh 36 peserta, serta yang terbaru adalah penampilan 12 ogoh-ogoh TK/PAUD se-Kota Denpasar. Selain itu juga ada 40 UMKM Kota Denpasar yang berpartisipasi dan diramiakan oleh deretan musisi ternama seperti Lolot, Mr. Botax, Bagus Wirata, Joni Agung & Double T, Painful by Kisses Rajawali Ingkar Janji, dan Band lainya. 

“Kami berharap Kasanga Festival ini dapat menguatkan seni budaya Bali yang dikolaborasikan dengan teknologi. Kami berharap, Kesanga Fest bukan menjadi sebuah program rintisan kembali namun bisa ditetapkan menjadi program prioritas pemerintah Kota Denpasar untuk mewadahi kreativitas kesenian anak muda dan kami percaya Bapak Walikota dan Wakil Walikota sangat konsen dan mencintai kesenian Bali,” katanya.

Baca Juga:

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi sinergitas yang dilaikan pemuda dalam menggelar Kasanga Festival tersebut. Pihaknya menyebut hal ini dapat menjadi dasar dan tolak ukur pengembangan kreativitas, dalam usaha memperkuat budaya Bali, sebab Kasanga Festival merupakan wahana dan ajang kreativitas tanpa batas Yowana Kota Denpasar dengan spirit “Vasudhaiva Kutumbakam”. 

“Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan momentum menjelang Tawur Agung Kasanga/Pengerupukan. Hal ini dimaksudkan agar kreator ogoh-ogoh di Kota Denpasar mempunyai ruang berkompetisi yang produktif dengan berpedoman pada konsep satyam, siwam, sundaram (etika, logika, dan estetika), sasaran ke depan dari Kasanga Festival ini memberi kontribusi terhadap pembangunan di Kota Denpasar yang Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories