Yowana Jembrana Sisir Pesisir Realisasikan Konsep Sagara Kerthi

Yowana Jembrana melakukan aksi bersih-bersih pantai di salah satu pantai di Jembrana. (Balinesia.id/IST)

Jembrana, Balinesia.id – Pasikian Yowana Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana melaksanakan giat lingkungan membersihkan pantai dalam kegiatan Yowana Mareresik (pemuda bersiih-bersih) yang digelar di pesisir pantai di Jembrana pada Minggu, 26 Maret 2023. 

Kegiatan tersebut dilakukan menyikapi kondisi pantai yang tampak kotor serta serangkaian Hari Suci Nyepi Isaka 1945 yang dilaksanakan oleh umat Hindu belum lama ini. 

Baca Juga:

Manggala Pasikian Yowana MDA Kabupaten Jembrana, I Putu Feri Priyandana, mengatakan kegiatan tersebut melibatkan seluruh sekeha teruna-teruni (STT) se-Kabupaten Jembrana, yang dikoordinir oleh Prajuru Pasikian Yowana Kecamatan se-Jembrana. 

“Kegiatan Mareresik difokuskan di beberapa titik yaitu di tempat acara pamelastian dan acara Ngembak Geni yang dilakukan oleh masing-masing STT,” katanya.

Baca Juga:

Menurutnya, kegiatan Yowana Mareresik merupakan program kerja rutin dari Pasikian Yowana Jembrana. “Kali ini dilaksanakan serangkaian Hari Raya Nyepi Saka 1945 dan merupakan implementasi dari Visi-Misi Bupati Jembrana dan Bapak Gubernur Bali, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali khususnya Segara Kerthi,” katanya.

Baca Juga:

Dijelaskannya, saat pelaksanaan melasti dan Ngembak Geni pihaknya melihat banyak sampah plastik yang ditemukan di area pantai, oleh karena itulah pihaknya kemudian berinisiatif menggerakkan seluruh STT untuk membersihakan pantai.

“Acara kali ini Yowana Jembrana bersinergi dengan Komunitas Bersih-bersih Bali Jembrana. Ke depan saya berharao kegiatan mareresik ini akan tetap digaungkan sebagai wujud bhakti Yowana Jembrana terhadap ibu pertiwi,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories