Gede Suyasa Tebar Ribuan Benih Nila di Bendungan Danu Kerthi Tamblang saat Tumpek Uye

Penebaran benih ikan nila di Bendungan Danu Kerthi, Tamblang, Buleleng. (Balinesia.id/IST)

Buleleng, Balinesia.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa menebar ribuan benih ikan nila di Bendungan Danu Kerthi Desa Tamblang, Buleleng, Sabtu, 25 Maret 2023. Penebaran dilakukan sebagai salah satu bentuk merayakan Hari Suci Tumpek Uye yang menurut keyakinan Hindu mengandung pesan untuk memuliakan binatang. 

Suyasa mengatakan pihaknya dalam perayaan Tumpek Uye periode ini memilih menebar benih ikan di bendungan yang belum lama ini diresmikan Presiden Joko Widodo itu. Sebelumnya, pada pelaksanaan Tumpek Uye, ia juga sempat melepasliarkan burung di kawasan danau Tamblingan. 

“Kali ini puluhan ribu benih ikan nila dilepaskan untuk menjaga ekosistem bendungan,” katanya.

Baca Juga:

Ia mengatakan, jika ikan sudah besar, nanti masyarakat diperbolehkan untuk memancing. “Harapannya dua bulan lagi ketika ikan nila sudah besar, seijin dari pemilik bendungan, masyarakat bisa mancing. Jadi memberikan kehidupan lagi untuk masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:

Lebih jauh dinyatakan, ke depan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan akan memantau perkembangan benih ikan nila yang sudah tertebar ini.

 “Dinas Perikanan akan melihat ikan-ikan yang dilepas ini apakah akan hidup atau tidak. Kalau sudah cocok dan bagus mungkin akan dilakukan hal yang sama lagi. Kemungkinan juga ikan ini berkembang sendiri, hasilnya kan bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Gede Suyasa. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories