Wujudkan Ajeg Bali, BPR Lestari Dukung Kegiatan Dharma Wacana di Banjar Beraban

Pelaksanaan dharma wacana di Banjar Beraban, Denpasar yang didukung BPR Lestari. (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id - PT BPR Lestari Bali turut mendukung terwujudnya ajeg Bali. Komitmen tersebut diwujudkan melalui Program Lestari Mebanjar dalam gerakan #LestariAjegBali yang salah satunya mendukung kegiatan dharma wacana.

Pada Rabu, 25 Mei 2022 lalu, dharma wacana tersebut digelar di Banjar Beraban, Dauh Puri Kauh, Kota Denpasar. Adapun pedharma wacananya adalah sulinggih, Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna.

Direktur PT BPR Lestari Bali, Made Tutik Sri Andayani mengatakan bahwa acara tersebut terealisasi atas kolaborasi PT BPR Lestari Bali dengan Banjar Beraban melalui program Lestari Mebanjar. Adapun kegiatan dharma wacana merupakan kegiatan pertama Lestari Mebanjar setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:

Tutik berharap melalui program ini masyarakat sekitar dapat berperan aktif dalam menciptakan ajeg Bali agar identitas, ruang, dan prosesi dalam budaya Bali dapat lebih terjaga. "Bali punya budaya serta adat istiadat yang luar biasa, sehingga harus kita jaga kelestariannya. Kami berharap, dengan adanya program Lestari Mebanjar ini, masyarakat bisa lebih termotivasi untuk melestarikan adat dan budaya Bali," katanya.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari anggota DPRD Kota Denpasar yang juga Duta Lestari Mebanjar, Bagus Jagra Wibawa. Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti itu sangat penting dilakukan dilakukan agar nilai-nilai budaya Bali tidak tergerus oleh zaman. 

"Tidak dipungkiri, gempuran teknologi telah membuat banyak perubahan dalam budaya kita. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini supaya generasi kita selanjutnya tidak kehilangan nilai-nilai dan budaya Bali," ujar pria yang akrab disapa Gus Ari tersebut. 

Prajuru Adat Banjar Beraban, IB Mayun Gunawan pun mengatakan hal uang sama. Ia memberikan apresiasi atas program BPR Lestari terkait upaya mewujudkan ajeg Bali. "Kami berterima kasih kepada BPR Lestari Bali karena acara ini bisa terwujud berkat sponsor dari BPR Lestari," ucapnya. 

Ida Pedanda Gede Giri Dwija Guna pada kesempatan itu menuturkan filosofi Hari Raya Galungan dan bagaimana semestinya umat Hindu se-Dharma memaknainya. Dharma Wacana ini berkaitan dengan Hari Raya Galungan yang akan datang, sehingga masyarakat, khususnya masyarakat di Banjar Beraban dapat melaksanakan Hari Raya Galungan dengan taat. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories