Word Environment, Batur UNESCO Global Geopark Gelar Geofieldtrip

Kunjungan situs geologi dalam kegiatan Geofieldtrip Kaldera Batur. (Balinesia.id/oka)

Bangli, Balinesia.id - Memperingati Hari Lingkungan Hidup (Word Environment), 5 Juni 2022, Batur UNESCO Global Geopark berkolaborasi dengan Batur Geopark Youth Forum dan Geotour Batur, menggelar kegiatan fieldtrip, Sabtu, 11 Juni 2022.

Kegiatan bertema "Mengenal Warisan Geologi Kaldera Batur" itu dilaksanakan untuk mengenal sejarah geologi dan Gunung Api Batur. Oleh karena itu, kegiatan dilakukan mulai dari Museum Geopark Batur dan mengunjungi beberapa situs warisan geologi di kawasan Kaldera Batur.

"Kegiatan ini mengunjungi beberapa situs geologi di antaranya, Geosite Lava 1926 dan 1963, Geosite Kerucut Sinder Bukit Payang, Geosite Sinder Yeh Mampeh, Geosite Goa Lava dan yang terakhir Geosite Lava Tumuli  1888," kata Geologis Batur UNESCO Global Geopark, Ida Bagus Oka Agastya.

Baca Juga:

Peserta yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut beragam, mulai dari  anggota Batur Geopark Youth Forum hingga siswa-siswi SMA di kawasan Batur UNESCO Global Geopark.

Bidang Edukasi Pengelola Batur UNESCO Global Geopark, Maiva Utama mengatakan acara tersebut bertujuan memperkenalkan lebih dalam situs-situs geologi di kawasan Batur UNESCO Global Geopark sebagai jejak warisan geologi yang telah diakui dunia sejak 2012 silam. "Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian masyarakat umum dan sekitar terhadap lingkungan, khususnya kegeologian. Mari kita peduli terhadap lingkungan di sekitar kita," ucapnya. oka

Editor: E. Ariana

Related Stories