UMKM Catatkan Omzet Rp28,2 Miliar di Karya Kreatif Indonesia Tahun 2022

UMKM Binaan BI dalam Pagelaran Karya Kreatif Indonesia (TrenAsia)

Jakarta, Balinesia.id - Pada pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) tahun 2022 selama 4 hari pada 26 Mei hingga 29 Mei 2022 UMKM binaan Bank Indonesia berhasil mencatatkan omzet sebesar Rp28,2 miliar lewat business matching.

"Omzet tersebut terdiri dari omzet penjualan offline sebesar Rp9,15 miliar dan online sebesar Rp19,05 miliar, yang masih akan meningkat melalui penjualan online dengan e-catalogue UMKM pada web KKI," ungkap Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P. Joewono.

Ajang KKI sukses menjadi panggung bersama dan memberi motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus menuju Go Digital dan Go Global, sehingga dapat semakin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk terus tumbuh menjadi yang terbaik.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Kementerian dan Lembaga yang terlibat menyukseskan event tersebut.

"Koordinasi dan sinergi ini akan tetap menjadi hal utama untuk kesuksesan pelaksanaan KKI ke depan,” kata dia dalam website resmi dikutip Selasa, 31 Mei 2022.

Kegiatan digelar hybrid, KKI 2022 diramaikan oleh 85.960 pengunjung/viewers yang terdiri dari pengunjung website sebanyak 36.367, pengunjung fisik sebanyak 6.975 pengunjung, dan peserta webinar sejak 18 Mei sebanyak 42.618 peserta.

UMKM pada puncak perhelatan KKI kali ini mencetak berbagai kebaruan dalam selebrasi UMKM, bukan hanya nilai kesepakatan temu bisnis dan penjualan namun juga konsep baru seperti sustainable living, digitalisasi antara lain melalui digital fitting room, serta konsep cerdas berdaya dengan pencapaian tertinggi atas literasi perlindungan konsumen.

Pelaksanaan Business Matching yang digelar selama KKI 2022, ada174 UMKM binaan BI dan Kementerian/Lembaga, 4 bank umum, 8 bank pembangunan daerah, dan 2 lembaga keuangan non-bank yang berpartisipasi untuk temu bisnis pembiayaan, dan 109 UMKM binaan BI dan Kementerian/Lembaga, 3 aggregator ekspor e-commerce, serta 14 pembeli potensial dari 8 negara untuk temu bisnis ekspor.

Doni P. Joewono menambahkan, ada tiga hal utama didorong melalui perhelatan KKI 2022, yaitu optimisme kebangkitan UMKM dan kecintaan masyarakat akan produk UMKM; semangat sinergi antar K/L, asosiasi dan industri dalam pengembangan UMKM; dan terus mendorong inovasi UMKM utk go digital dan go global.

Berbagai kegiatan menyemarakkan KKI tahun ini, seperti business matching, talk show, webinar digitalisasi dan ekspor UMKM, showcase produk UMKM secara offline maupun virtual, yang diikuti oleh UMKM binaan 46 Kantor Wilayah BI maupun Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Daerah dari seluruh penjuru Indonesia.

KKI senantiasa tetap hadir dalam laman www.karyakreatifindonesia.co.id sebagai etalase produk UMKM unggulan. Mari kunjungi dan beli produk UMKM kebanggaan bangsa. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Yosi Winosa pada 01 Jun 2022 

Editor: Rohmat

Related Stories