Makin Digemari, Lima Drama Korea Sabet Berbagai Penghargaan Dunia

5 Drama Korea Terbaik yang Berhasil Mendapatkan Berbagai Penghargaan (Netflix.com, instagram.com/netflixkr)

Jakarta, Balinesia.id - Drama Korea semakin banyak digemari penonton dari berbagai belahan dunia bahkan lantaran semakin meningkat kualitasnya dan membuat semakin banyak orang yang menyaksikan drakor tersebut mampu menyabet berbagai penghargaan internasional.

Pada ajang penghargaan termasuk dalam industri hiburan, banyak drama Korea yang berhasil memenangi berbagai penghargaan tingkat dunia

Dilansir dari laman Korean Binge, berikut drama Korea terbaik dan terlaris yang berhasil mengoleksi berbagai penghargaan.

Descendants of The Suns (2016)

Dibintangi oleh Song Joong-ki, Song Hye-kyo, Jin Goo, dan Kim Ji-won, drakor ini mengisahkan cerita antara Kapten Yoo Shi Jin, pasukan khusus Korea dan dokter Kang Mo Yeon yang merupakah ahli bedah di Rumah Sakit Haesung. Bersama-sama, mereka menghadapi bahaya di negara yang dilanda perang.

Drakor yang ditayangkan pada tahun 2016 ini berhasil meraih 45 kemenangan dari 84 nominasi, beberapa di antaranya yaitu Grand Prize for TV Series di 2016 Baeksang Arts Awards, Grand Prize for Excellence in Production di 2017 Korea Communications Commission Broadcasting Awards, Grand Prize Daesang untuk Song Joong-ki, Song Hye-kyo, dan masih banyak lagi.
 

My Love From The Star (2013-2014)

Drama Korea ini mengisahkan seorang alien yang telah terdampar di Bumi selama lebih dari 400 tahun dan hampir bisa kembali ke rumah. Namun, ia justru bertemu dengan seorang aktris terkenal yang membuatnya tertarik.

Drakor yang dibintangi oleh Jun Ji-hyun, Kim Soo-hyun, Park Hae-jin, Yoo In-na, Shin Sung-rok dab Ahn Jae-hyun mendapatkan banyak penghargaan seperti Daesang Grand Prize untuk Jun Ji-hyun, Grand Prize Daesang untuk sinematografi di 27th Grimae Awards, dan Grand Prize Daesang untuk Kim Soo-hyun di 7th Korea Drama Awards.
Reply 1988 (2015-2016)

Drama Korea ini mengisahkan kehidupan 5 keluarga yang tinggal di jalan yang sama di lingkungan bernama Ssangmundong di Seoul. Drakor ini berhasil membawa penontonnya untuk nostalgia dengan melihat kembali kondisi lingkungan Korea Selatan pada tahun 1988.

Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Hye-ri, Ryu Jun-yeol, Go Kyung-pyo, Park Bo-gum, Lee Dong-hwi ini berhasil mendapatkan Grand Prize Daesang untuk kategori serial TV di tvN10 Awards.
Squid Game (2021)

Drama Korea ini berhasil mendapatkan 18 kemenangan dari total 42 nominasi, beberapa di antaranya yaitu penghargaan Grand Prize (Daesang) di Baeksang Arts Awards 2022, Special Award di AFI Awards 2021, Best Foreign Language Series di Critics’ CHoice TV Awards 2021.

Bergenre drama survival dan thriller, Drakor ini,  mengisahkan ratusan kontestan yang mengalami keterbatasan ekonomi menerima undangan untuk melakukan kompetisi. Kompetisi tersebut meminta mereka untuk melakukan permainan anak-anak untuk mendapatkan hadiah yang menggiurkan tapi taruhannya adalah nyawa.

Hospital Playlist (2020-2021)

Drama Korea yang telah tayang sebanyak 2 musim dan 24 episode ini meraih 14 kemenangan dari 31 nominasi dengan penghargaan tertinggi yaitu Best Drama di 2020 Brand of the Year Awards. Drama yang mengisahkan lima orang dokter yang telah bersahabat sejak sekolah menengah berbagi kecintaan mereka pada musik ketika bekerja di rumah sakit yang sama. ***

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 29 May 2022 

Bagikan

Related Stories