Tokoh Muda Hindu Ajak Pemuda Bali Bercermin dari Kesuksesan G20

Diskusi Publik bertema “Momentum Kesuksesan G20 untuk Pemuda Bali” di Gedung PHDI Provinsi Bali, Minggu, 27 November 2022. (Balinesia.id/ist)

Denpasar, Balinesia.id – Tokoh muda Hindu di Provinsi Bali memandang kesuksesan KTT G20 di Bali pada medio November 2022 lalu sebagai momentum untuk bercermin. Perhelatan G20 tersebut diharap dapat memotivasi pemuda Bali dalam mengembangkan diri dan megelola sumber daya yang dimiliki.

Kemudian Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Pemuda Hindu Indonesia Bali (DPP Peradah Indonesia Bali), I Putu Eka Mahardika, S.IP., M.AP., mengajak kalangan muda menjadikan momentum perhelatan G20 untuk meningkatkan daya tawar dan kualitas diri. Menurutnya, kesuksesan KTT G20 membawa pesan agar pemuda Bali mulai berpikir untuk dapat menjadi tuan rumah di tanah sendiri.

“Pemuda Bali harus menyikapi kesuksesan G20 tahun sebagai sebuah kesadaran. Sadar akan diri sendiri bahwa kita harus menjadi tuan rumah di tanah sendiri,” katanya dalam Diskusi Publik bertema “Momentum Kesuksesan G20 untuk Pemuda Bali” yang dilaksanakan di Gedung PHDI Provinsi Bali, Minggu, 27 November 2022.

Baca Juga:

Akademisi Universitas Warmadewa ini mengingatkan bahwa untuk memantik kesadaran tersebut dapat dilakukan dengan langkah yang sederhana, misalnya dengan memperkuat persatuan. Pihaknya percaya, persatuan adalah kunci dalam membangun Bali yang kuat.

“Kesadaran pemuda Bali akan persatuan sangatlah penting sebelum kita melangkah ke hal yang lebih besar. Mari ‘saling isi saling gisi’ saling rangkul dan saling mengisi untuk lebih kuat,” kata dia. 

Sementara itu, Ketua PD KMHDI Bali, Putu Esa Purwita menilai keberhasilan Bali dalam mensukseskan gelaran KTT G20 menegaskan dan memperkuat kembali daya tawar Pulau Dewata ini. Berangkat dari daya tawar itu pihaknya menilai akan muncul peluang besar dan bisa diambil oleh kalangan muda.

“Peluang yang begitu tinggi inilah yang perlu diambil oleh pemuda Bali, tentunya dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk nantinya siap bersaing. Inisiatif yang tinggi pun perlu lakukan untuk menjemput peluang tersebut,” kata dia.

Sejalan dengan hal tersebut pada momentum yang sama, Ketua PHDI Provinsi Bali, I Nyoman Kenak, S.H., menyampaikan harapannya pada pemuda Bali agar memiliki motivasi yang tinggi untuk berani berkiprah di nasional dan internasional.

“Sudah saatnya kita sebagai Pemuda Bali mempunyai daya saing yang tinggi dalam perkembangan dunia yang semakin masif, dalam rangkaian kegiatan KTT G20 telah membawa dampak langsung sekaligus membawa sebuah peluang besar bagi Indonesia terutama Pulau Bali. Ini merupakan langkah tepat untuk kita terus berkembang dalam ketatnya persaingan,” katanya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories