Tingkatkan Kinerja, Unwar Gelar Pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi

Pemilihan tenaga kependidikan berprestasi di Unwar, Kamis, 8 September 2022. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id – Sebagai upaya meningkatkan kinerja, Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar menggelar pemilihan tenaga kependidikan berprestasi tahun 2022. Sebanyak sembilan pegawai berkontestasi dalam kegiatan yang digelar tiap tahun tersebut.

Ketua Panitia Pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi Undwa, Drs. I Wayan Sudemen, M.Si., di Ruang Sidang Sri Ksari Warmadewa Mandapa, Kamis, 8 September 2022 mengatakan bahwa sembilan orang tenaga kependidikan yang ikut dalam ajang tersebut terdiri dari masing-masing perwakilan unit kerja. Ada tujuh orang yang mewakili setiap fakultas, seorang mewakili Program Pascasarjana, dan seorang lagi berasal dari kantor pusat atau Rektorat Unwar.

Baca Juga:

Pemilihan pegawai berprestasi didasari atas gagasan bahwa pengelolaan pengelolaan perguruan tinggi didukung oleh unsur yaitu pendidik (dosen), tenaga kependidikan, dan peserta didik. Pendidik merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, melakukan penilaian hasil pembelajaran, melakukan bimbingan dan pelatihan, serta melakukan tri dharma perguruan tinggi, sedangkan tenaga kependidikan merupakan tenaga yang menunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bertugas mengelola, mengawasi administrasi dan memberikan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan.

“Tenaga kependidikan berperan menciptakan suasana pendidik yang kondusif, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis, sehingga tenaga kependidikan perlu memiliki komitmen untuk memiliki motivasi, profesionalitas, dan kinerja yang baik dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kedudukan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya,” katanya. 

Ia melanjutkan, bahwa ajang pemilihan tenaga kependidikan berprestasi yang digelar adalah sebagai bentuk pengakuan nyata terhadap komitmen, pemikiran kreatif, inovatif dan bertanggungjawab dalam pelayanan pembelajaran. “Penghargaan kepada tenaga kependidikan berprestasi diharapkan bisa bermanfaat dalam rangka meningkatkan kinerja tenaga kependidikan, mewujudkan, dan melaksanakan pelayanan prima dalam bidang akademik, keuangan, administrasi umum dan administrasi lainnya, mengembangkan sistem pelayanan administrasi yang berkesinambungan serta dapat menumbuhkan kecintaan, loyalitas dan kebanggan kepada lembaga,” jelasnya.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., menilai tenaga kependidikan memiliki peran yang penting dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, baik pelayanan akademik maupun non-akademik. Oleh karena itulah pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan tersebut. 

“Ini bisa jadi pengungkit untuk meningkatkan motivasi para tenaga kependidikan untuk bisa lebih banyak berkinerja dan berprestasi,” katanya.

Prof. Widjana mengatakan bahwa motivasi untuk bekerja dengan baik sangat penting. Sebab, ke depan tantangan dalam pekerjaan akan semakin kompleks, meski saat ini berbagai pekerjaan telah didukung oleh teknologi digital. “Ke depan, dengan adanya volume pekerjaan yang semakin kompleks, semakin banyak mahasiswa, semakin banyak peran yang kita kembangkan, meski pun sebagian besar sudah berbasis digital tetapi motivasi kerja itu sangat penting. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang cepat dan tepat. Peran tenaga kependidikan di sini adalah sangat dominan, oleh karena itu saya berharap proses pemilihan ini berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang baik,” jelasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., berharap fakultas atau program pascasarjana mempersiapkan rancangan kegiatan anggaran (RAK) untuk menjaring dosen maupun tenaga kependidikan dengan prestasi yang baik. Mereka yang terjaring nantinya bisa diberikan penghargaan dan didaulat sebagai perwakilan dalam pemilihan di tingkat universitas. 

“Nantinya diharapkan mereka yang benar-benar memiliki kemampuan dan mampu bekerja dengan baik akan diberikan reward di tingkat universitas. Harapan saya bahwa tenaga kependidikan yang diusulkan oleh fakultas atau pascasarjana ini adalah mereka yang memiliki kinerja yang baik,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories