Terungkap Fakta Unik Meja Kerja Jeff Bezos yang Telah Digunakan Sejak Tahun 90-an

Fakta Unik Meja Kerja Jeff Bezos yang Telah Digunakan Sejak Tahun 90-an (Instagram / @laurenswanchez)

JAKARTA - Sosok Jeff Bezos tentu sudah tak asing bagi banyak orang. Hingga saat ini pendiri sekaligus CEO raksasa marketplace, Amazon, Jeff Bezos masih menggunakan salah satu meja 'pintu' dari era 90-an awal berdirinya Amazon. 

Hal tersebut dilakukan Bezos disebut-sebut karena untuk mengingatkannya akan perjuangan membesarkan Amazon hingga dikenal banyak orang seperti sekarang. 

Pada beberapa waktu lalu, tunangan Jeff Bezos, Lauren Sánchez, membagikan foto di Instagram yang menunjukkan pengusaha asal Amerika Serikat tersebut tengah bekerja di mejanya, dengan gambar kedua yang menunjukkan dia di meja yang sama bertahun-tahun yang lalu.

"Ketika saya melihatnya bekerja pagi ini, saya mengambil gambar ini. Saya hanya senang bahwa dia masih bekerja dari salah satu meja pertama yang digunakan sejak awal," tulis Sanchez sebagai keterangan foto.

"Ini adalah tempat di mana berjam-jam kerja keras bertemu dengan semangat hari pertama. Mari kita terus mengejar apa yang mungkin." lanjut Sanchez.

Bezos pertama kali mendirikan Amazon sebagai pengecer buku online. Ia menjalankan bisnis ini dari garasinya pada tahun 1994. Saat bisnisnya mulai berkembang dan ia mulai merekrut karyawan, Bezos pergi ke Home Depot di seberang jalan dan membuat "meja pintu" untuk karyawan. Disebut meja pintu karena permukaannya yang hanya terbuat dari panel pintu.

Amazon menyatakan bahwa ribuan karyawan di seluruh dunia masih menggunakan versi modern dari desain asli meja 'pintu' Bezos.

"Kami membuat meja pintu karena itu adalah cara termurah yang dapat kami dukung untuk meja," kata Nico Lovejoy, karyawan Amazon ke-5, lima tahun yang lalu. 

"Banyak hal yang kami lakukan bersifat sederhana. Selama solusi sederhana itu berfungsi." lanjutnya.

Dikutip TrenAsia.com dari laman Entrepreneur pada Selasa, 30 Januari 2024, meja pintu ini telah menjadi bagian dari budaya Amazon, bahkan perusahaan memberikan Penghargaan Meja Pintu, yang melambangkan nilai inti perusahaan, yaitu hemat dan kreativitas.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 03 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories