Kenali Berbagai Jenis Asuransi Sebelum Mantap Membeli

Kenali Berbagai Jenis Asuransi Sebelum Mantap Membeli (Freepik)

JAKARTA – Tidak ada yang mengetahui hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Hal ini berlaku untuk semua usia, baik yang muda dan tua. Namun, setiap orang dapat mengantisipasi hal buruk yang dapat terjadi di masa mendatang. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan memiliki asuransi.

Asuransi merupakan perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi (penanggung) dan masyarakat (pemegang polis). Adapun hak dan kewajiban antara jasa layananan asuransi dan pemegang polis sudah diatur. Pemegang polis berhak mendapatkan proteksi berupa penggantian kehilangan, kerusakan hingga kematian dari penyedia jasa layanan asuransi.

Nah, bagi kaum muda yang ingin memiliki asuransi ada baiknya Anda mengenali asuransi yang cocok dan tepat untuk kebutuhan Anda. T

Jenis-jenis Asuransi

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa akan memberikan keuntungan finansial ketika kematian datang, tiba-tiba sakit, atau menderita cacat total maupun sebagian akibat kecelakaan atau penyakit. Anda dapat menemukan produk asuransi jiwa dengan premi terjangkau di pasaran. Sebagai gambaran, anda dapat mencari asuransi jiwa tradisional atau asuransi jiwa mikro yang menawarkan uang pertanggungan dan premi terjangkau.

Adapun Asuransi Jiwa terdiri empat jenis yaitu:

- Asuransi Jiwa Berjangka 

Seluruh produk asuransi jiwa berjangka memberikan pertanggungan selama satu jangka waktu tertentu yang disebut jangka waktu polis. Manfaat polis asuransi ini dapat dibayarkan  ketika tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, dan polis masih berlaku (in force) ketika tertanggung meninggal dunia.

- Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi jiwa seumur hidup memiliki karakteristik yaitu memberikan pertanggungan seumur hidup kepada tertanggung selama polis masih berlaku (in force) dan memberikan pertanggungan asuransi dan mengandung unsur tabungan.

- Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi jenis ini memberikan suatu jumlah manfaat tertentu saat tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan atau mening­gal selama jangka waktu pertanggungan.

- Asuransi Unit Link

Asuransi unit link merupakan asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan proteksi dan pengelolaan premi investasi.

2. Asuransi Kesehatan 

Asuransi kesehatan menangani masalah kesehatan dan melindungi finansial Anda dalam menanggung biaya mulai dari proses perawatan sakit yang diderita hingga sembuh. Pada umumnya, jenis penyakit yang dapat ditanggung oleh Asuransi kesehatan ini meliputi cacat, sakit, hingga kematian.

Untuk memilih jenis polis yang akan diambil, anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan finansial. Misalnya anda membeli produk asuransi kesehatan, anda dapat memilih produk yang mencakup rawat inap saja.

3. Asuransi Kendaraan Bermotor

Saat anda mengambil kredit kendaraan bermotor (KKB) anda memerlukan asuransi kendaraan bermotor. Pada umumnya, asuransi kendaraan bermotor akan melunasi utang nasabah tutup usia sebelum kredit lunas. Sehingga, keluarga yang ditinggalkan tidak akan menanggung risiko utang nasabah.

Adapun manfaat dari membeli premi Asuransi kredit kendaraan adalah memberikan perlindungan dan rasa tenang akan finansial saat dihadapkan pada risiko kerusakan kendaraan.

Adapun jenis Pertanggungan Asuransi Kendaraan Bermotor : 

- Comprehensive (All Risk), menjamin risiko kerugian secara keseluruhan baik kerugian kecil maupun besar termasuk kehilangan. 

-  Total Loss Only (TLO), memberikan jaminan penggantian ketika kendaraan anda mengalami kerusakan yang nilainya mencapai ≥ 75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan kendaraan.

4. Asuransi Umum

Asuransi umum merupakan asuransi yang memberikan ganti rugi karena kerusakan, kerugian, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang akan dihadapai saat terjadi suatu peristiwa. Asuransi kerugian terdapat banyak macam, antara lain asuransi kebakaran, asuransi pengiriman, asuransi rekayasa, dan lain-lain.

Salah satu asuransi umum yang lazim dimiliki anak muda saat ini adalah asuransi kerusakan gadget seperti laptop dan handphone. Asuransi umum ini bisa anda dapatkan di tempat pembelian handphone dan gadget anda.

Nah, itu dia beberapa jenis asuransi yang dapat menjadi pilihan kaum milenial  yang dapat digunakan mengantisipasi hal buruk yang terjadi di masa mendatang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 11 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories