Tangga Menuju Berdaya Saing ASEAN, Unwar Siap Lepas 1.354 Orang Lulusan Berkualitas

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P. (dua dari kiri) bersama para Wakil Rektor berfoto bersama pada H-1 Wisuda ke-72 yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Mei 2023. (Balinesia.id/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - Universitas Warmadewa (Unwar) akan menggelar Wisuda ke-72 pada Sabtu, 27 Mei 2023. Pada upacara akademis yang sakral itu, universitas yang tengah menggaungkan pola ilmiah berbasis ekowisata itu akan dilepas 1.354 orang lulusan berkualitas.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, M.P., didampingi jajaran rektorat pada Jumat, 26 Mei 2023 di kampus setempat menegaskan bahwa 1.354 lulusan berkualitas yang akan dilepas itu akan siap mewarnai dunia kerja baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Ia memberi jaminan mutu lulusannya, yang juga menegaskan bidikan pihaknya untuk mengorbitkan Unwar untuk berdaya saing ASEAN pada 2027 dan go global pada 2034.

“Sebanyak 251 orang atau 18,53 persen lulusan kami sudah bekerja. Meskipun sudah menjadi alumni, critical thinking para lulusan diperlukan untuk kemajuan Unwar guna mencapai visi yang telah disepakati bersama yaitu unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing tingkat ASEAN menuju go global tahun 2034,” kata rektor yang belum lama menjabat ini. 

Baca Juga:

Ia merinci, pada Wisuda ke-71, lulusan terbanyak dilahirkan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, disusul Fakultas Hukum, serta fakultas-fakultas lainnya. Rincian jumlahnya antara lain Pascasarjana sebanyak 92 orang, Fakultas Hukum 305 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 690 orang, FISIP 108 orang, Fakultas Sastra 82 orang, Fakultas Pertanian 26 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 47 orang, dan FKIK 4 orang.

“Dengan demikian, hingga saat ini jumlah alumni Unwar sebanyak 40.363 orang, dengan jumlah mahasiswa aktif sebanyak 12.713 orang yang terdiri dari 106 orang mahasiswa asing,” kata Pandit.

Dalam dinamika kemajuan teknologi informasi saat ini, ia mengatakan bahwa Unwar telah membangun ekosistem digital untuk menunjang pembelajaran. Dalam tata kelola untuk mewujudkan Good University Governance (GUG) Unwar terus melakukan penataan melalui SIM-T (Sistem Informasi Manajemen Terpadu). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan terutama bidang Sistem Informasi Akademik beberapa menu sudah bisa diakses secara daring melalui SIMON (Sistem Informasi Mahasiswa Online).

Baca Juga:

“Penerapan ekosistem digital, maka mahasiswa sudah masuk ke pangkalan data. Ke depan teknologi informasi tidak bisa hanya menjadi pendukung operasional, tetapi harus menjadi instrumen strategis untuk pengembangan kegiatan Tri Dharma Unwar,” katanya.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., berpesan agar para alumni memiliki karakter Sapta Bayu, berpikir kritis, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. 

“Kami yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya, kita mampu menjadikan Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” kata Wisnumurti. jpd 

Editor: E. Ariana

Related Stories