Tanda Anda Menghabiskan Lebih Banyak Uang daripada Pendapatan

Tanda Anda Menghabiskan Lebih Banyak Uang daripada Pendapatan (Freepik)

JAKARTA, Balinesia.id - Jika Anda ingin menjadi seseorang yang sejahtera suatu hari nanti, penting untuk menjaga pengeluaran Anda tetap terkendali. Namun, hal ini mungkin tidak selalu mudah, karena bisa jadi kita memiliki pendapatan di bawah rata-rata, sementara tagihan setiap bulan melebihi gaji.

Berapa banyak penghasilan yang harus Anda belanjakan atau simpan termasuk berinvestasi tergantung pada gaya hidup yang ingin Anda jalani saat ini dan di masa depan, serta mempertimbangkan tujuan keuangan pribadi Anda.

Anda mungkin dapat mengidentifikasi hal ini dan membuat rencana keuangan sendiri. Namun, jika Anda merasa kewalahan atau tidak yakin atas keputusan yang Anda ambil, Anda bisa mencoba meminta bantuan perencana keuangan.

Tanda-tanda Anda Membelanjakan Uang Lebih dari Kemampuan atau Gaji

Berikut beberapa tanda bahaya yang menunjukkan bahwa Anda membelanjakan uang lebih dari yang Anda mampu.

1. Pengeluaran Melebihi Pendapatan

Biaya hidup mungkin bisa tinggi, tapi kunci untuk meraih keuangan yang stabil adalah dengan memiliki lebih banyak uang yang masuk daripada uang yang keluar. 

Ketika Anda mencantumkan semua pengeluaran tetap bulanan, jumlahnya tentu tidak boleh melebihi pendapatan bulanan Anda. Jika ya dan Anda tidak menguranginya, maka Anda mungkin akan terlilit utang.

2. Anda Memiliki Kekayaan Bersih Negatif

Jumlah utang Anda lebih besar daripada jumlah pendapatan Anda. Hal ini tentu bisa membuat Anda terjebak dalam kondisi bangktur serta dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk meminjam uang di masa depan.

3. Anda Membeli Barang untuk Membuat Teman Anda Terkesan

Jika Anda membeli tiket ke setiap konser atau melakukan pembelanjaan seperti teman Anda, itu mungkin pertanda Anda membelanjakan lebih dari kemampuan Anda.

Media sosial diketahui dapat memperburuk perilaku mengikuti kebiasaan keuangan orang lain ini. Anda mungkin tidak mengetahui situasi keuangan masing-masing teman Anda dan berasumsi bahwa Anda mampu membeli sesuatu karena mampu, atau lebih buruk lagi Anda mencoba membuat mereka terkesan.

4. Anda Tidak Menabung Sama Sekali

Menabung untuk masa pensiun dan pengeluaran besar harus selalu menjadi bagian dari anggaran Anda. Mungkin Anda meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak dapat menabung karena penghasilan Anda tidak cukup atau. tagihan terlalu tinggi. Akan tetapi, hal itu juga bisa terjadi karena Anda menghabiskan terlalu banyak uang.

Itu tadi penjelasan mengenai tanda-tanda yang menunjukkan Anda menghabiskan lebih banyak uang daripada pendapatan yang Anda peroleh.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories