Citigroup Dikabarkan Akan PHK Besar-besaran Karyawan

Citigroup Dikabarkan Akan PHK Besar-besaran Karyawan

JAKARTA, Balinesia.id—Citigroup dikabarkan akan memulai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal karyawan mulai Senin, 20 November 2023. Kebijakan PHK besar-besaran tersebut menjadi perombakan terbesar Citi dalam beberapa dekade terakhir. 

Dilansir dari Reuters, Senin, masih belum diketahui jumlah persis karyawan maupun asal divisi yang akan di-PHK. Para pekerja kini disebut tengah menunggu rincian mengenai skala PHK di bank yang memiliki 240 ribu karyawan di seluruh dunia itu. 

Bulan lalu, bank raksasa asal Amerika Serikat (AS) tersebut dilaporkan bakal merumahkan 10% karyawan di sejumlah lini bisnis. Hal itu disampaikan CEO Citigroup Jane Fraser. Ia mengatakan perombakan besar-besaran di internal perusahaan akan berkonsekuensi PHK massal.

Citi mengumumkan rencana untuk mengurangi lapisan manajemen dari 13 menjadi delapan. Ini menjadi perombakan terbesar Citi dalam beberapa dekade terakhir. Di dua lapisan kepemimpinan teratas, Citi mengurangi 15% peran fungsional, serta akan menghilangkan 60 komite.

Kreditur terbesar ketiga di Negeri Paman Sam ini juga akan menghilangkan wakil kepala divisi dan peran regional serta memotong 50% pelaporan manajemen keuangan internal. Selain itu, perusahaan akan memusatkan pengambilan keputusan.

Staf pendukung dalam kepatuhan dan manajemen risiko dan staf teknologi yang bekerja pada fungsi yang tumpang tindih juga berisiko dipecat. PHK massal itu pun merembet pada cabang mereka di Indonesia. Diketahui, Citigroup bakal keluar dari bisnis consumer banking di 13 negara, termasuk Indonesia. 

Pengumuman itu telah disampaikan perusahaan sejak 2021, dikutip Strait Times. Fraser mengatakan upaya itu dilakukan untuk melipatgandakan bisnis wealth management perusahaan agar memiliki pertumbuhan lebih baik. “Kami tidak memiliki skala yang kami butuhkan untuk bersaing (di pasar 13 negara tersebut),” ujarnya.

Citibank Indonesia sendiri telah menutup kantor cabang dan mengalihkan layanan bisnis konsumer ke Bank UOB Indonesia mulai 18 November 2023. “Bersama ini kami informasikan bahwa pengalihan aset dan liabilitas Bisnis Consumer Banking Citibank kepada UOB Indonesia akan dilakukan pada 18 November 2023 (Tanggal Penyelesaian),” bunyi pengumuman di situs resmi perusahaan.

Adapun layanan Citibank Online dan Citi Mobile App hanya akan beroperasi hingga 17 November pukul 20.00 WIB.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Chrisna Chanis Cara pada 20 Nov 2023 

Editor: Redaksi

Related Stories