“Taksu Bali”, Single Anyar HarmoniA yang Berpesan agar Manusia Bali Ingat Spirit Leluhur

Kolaborasi HarmoniA dan Gus Teja dalam single "Taksu Bali" (Istimewa)

Denpasar, Balinesia.id Band Bali, HarmoniA merilis single teranyar berjudul “Taksu Bali”. Single yang dirilis bertepatan pada HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia, Selasa, 17 Agustus 2021 berupaya mengajak pendengarnya ingat dengan spirit dan warisan leluhur.

Pentolan HarmoniA, Dewa Krisna mengatakan, pihaknya memang sengaja merilis single tersebuut pada Hari Kemerdekaan. Pada single tersebut, pihaknya juga menggandeng musisi kawakan Bali, Gus Teja.

“Lagu Taksu Bali tercipta sebagai sebuah keresahan yang saya rasakan ketika melihat taksu Bali yang kini sudah mulai memudar, karena hal apapun mulai serba dibatasi,” katanya kepada Balinesia.id, Selasa pagi.

      Baca Juga:

Menurutnya, taksu atau spirit yang dimiliki orang Bali adalah warisan leluhur yang adiluhung. Orang Bali harus percaya kekuatan dari leluhur itu. Orang bali idelnya dapat mempertahankan dan melestarikannya agar tidak memudar, apalagi membiarkannya sampai hilang.

“Setiap manusia bisa berubah, alam juga pasti akan menua, namun, adat, tradisi, budaya, dan warisan leluhur harus tetap dijaga. Oleh karena itulah kami mengajak semua orang untuk bisa merenungkan hal-hal yang mungkin bisa diperbuat agar tidak lupa diri dan merenggangkan ikatan persaudaraan melalui lagu ini,” kata musisi bernama lengkap Dewa Gede Eka Krisna ini.

     Baca Juga:

Pihaknya meyakini, sebagai seorang mahkluk beradab, manusia tidak boleh serakah. Manusia tidak boleh menjadi manusia yang haus akan harta dan tahta. Sebab, ujung-ujungnya kedua hal itu akan menghilangkan rasa, baik rasa kepedulian maupun rasa persaudaraaan.

Sementara itu, terkait dengan pelibatan Gus Teja dalam single tersebut, Dewa Krisna mengaku bahwa spirit bermusik Gus Teja yang khas sangat sesuai dengan nilai dari lagu tersebut. 

Alasan HarmoniA featuring bersama Gus Teja dalam single ini, sebab Gus Teja merupakan seorang musisi yang sangat melegenda di Bali. Kami merasa lagu ini sangat cocok untuk diduetkan bersama Gus Teja, karena magis dari lagu ini jadi lebih kuat lagi ketika diiringi alunan suling dari Gus Teja,” katanya berharap pendengar bisa menangkap maksud lagu tersebut. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories