Suarakan Perubahan Iklim, KMHDI Hijaukan Indonesia

PC KMHDI Denpasar melakukan penanaman pohon mangrove belum lama ini. (Istimewa/jpd)

Denpasar, Balinesia.id - Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) menyiapkan program tanam pohon di berbagai daerah di Indonesia sebagai responsnya terhadap perubahan iklim. Program bertajuk “Gerakan Menanam Sejuta Pohon” akan digulirkan per Sabtu, 26 Februari 2020 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. 

Ketua Departemen Sosial Masyarakat, Deni Krisnandi, mengatakan pihaknya berupaya hadir tidak hanya pada ruang-ruang gagasan, namun juga di tataran aksi dan laku. Adapun program tersebut setelah dirilis di Kalimantan Tengah selanjutnya akan dilakukan di 54 titik di 22 provinsi di Indonesia. “Kami akan lakukan gerakan ini di 54 titik di 22 provinsi di Indonesia yang akan dilaksanakan berkala hingga 13 Maret 2022,” katanya yang juga coordinator aksi sebagaimana keterangan pers yang diterima Balinesia.id, Selasa, 22 Februari 2022.

Baca Juga:

Kegiatan tersebut digelar melalui kerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Pihaknya menilai saat ini kolaborasi adalah hal yang sangat penting dalam suatu gerakan.

“Dalam prosesnya, kami mengajak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk bekerja sama. Kami juga sudah bertemu dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Bapak Alue Dohong beberapa waktu lalu. Pihak kementerian pun mendukung penuh gerakan kami dengan memberikan bibit tanaman kepada KMHDI di setiap daerah. Kami juga akan mengundang Ibu Menteri (LHK) untuk hadir dan membuka acara kami di Kalimantan Tengah nanti,” katanya.

Baca Juga:

Ketua Presidium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra berharap program yang mereka garap dapat memantik setiap komponen untuk sadar terhadap pohon dan lingkungan. Menurutnya, kerusakan alam dan ketidakseimbangan kehidupan sangat jelas berada di depan mata.

“Tiap tahun kita telah kehilangan banyak pohon dengan dalih pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi. Kita harus pahami bersama bahwa pohon memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, KMHDI mengambil peran sebagai motor penggerak dengan melakukan aksi nyata, bukan hanya sekadar kata-kata. Ayo bergerak bersama merawat bumi kita tercinta, KMHDI Menanam Sejuta Pohon, KMHDIForEarth!” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories