SNBI XV Angkat Vitalitas Etnolinguistik Bahasa Ibu di Ruang Publik

Seminar Nasional Bahasa Ibu FIB Unud, 21 Februari 2023. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Vitalitas bahasa ibu di ruang publik menjadi pusat wacana yang diketengahkan dalam Seminar Nasional Bahasa Ibu (SNBI) ke-15 tahun 2023. Seminar tersebut adalah forum akademik rutin yang digelar Program Studi Magister Ilmu Linguistik Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud).

“Seminar Nasional Bahasa Ibu ini digelar rutin setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, yang jatuh pada bulan 21 Februari. Tujuannya adalah sebagai media kebertahanan, pelestarian, dan kemanfaatan bahasa lokal, serta menjadi ajang reuni tahunan alumni Prodi Magister Linguistik maupun Program Doktor,” kata Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum, di Auditorium Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Denpasar, Selasa, 21 Februari 2023.

Baca Juga:

Diterangkan seminar tersebut secara khusus mengangkat tema “Vitalitas Etnolinguistik Bahasa Ibu di Ruang Publik pada Era Digital”. Pemilihan tema tidak terlepas dari eksistensi bahasa ibu di ruang publik hari ini.

“Seminar nasional ini diselenggarakan guna melihat bagaimana keberlangsungan bahasa ibu baik baik di ruang publik maupun secara virtual, di samping sebagai ajang bagi mahasiswa S2 dan S3 untuk berlatih menyampaikan pokok-pokok pikirannya mengenai kebahasaan,” kata dia.

Baca Juga:

Kegiatan akademis itu mengundang pembicara kunci, Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Dr. Herawati, S.S., M.A dan tiga pembicara utama, yakni Prof. Dr. Sukarno, M.Litt. (Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember), Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum. (Dekan FIB Unud), dan Prof. Drs. Made Suastra, M.A., Ph.D. (Guru Besar FIB Unud). jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories