Setelah 33 Tahun, Indonesia Terima UNPA dari PBB

Hasto Wardoyo (Balinesia.id/istimewa)

Jakarta, Balinesia.id – Setelah 33 tahun berselang, Indonesia akhirnya kembali meraih Penghargaan Kependudukan atau United Nations Population Award (UNPA) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Penghargaan ini diterima atas keberhasilan Indonesia berkontribusi luar biasa dan kesadaran terhadap isu kependudukan serta solusi yang telah dilakukan.

UNPA pertama diterima Indonesia pada Desember 1989. Penghargaan tersebut diberikan PBB kepada Presiden Soeharto.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, melalui siaran pers Minggu (12/6) mengatakan keberhasilan pihaknya menerima UNPA merupakan buah dari usaha keras dan dukungan kerja sama antar lembaga pemerintah. Menurutnya BKKBN berhasil menerapkan program Keluarga Berencana. Angka kelahiran berhasil diturunkan secara tajam, dari 5,6 menjadi 2,2 kelahiran per perempuan selama 1970 hingga tahun 2000.

"Penurunan angka kelahiran ini memperlambat laju pertumbuhan penduduk dan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik seperti pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur sehingga meningkatkan standard hidup masyarakat," katanya.

Baca Juga:

Dampak nyata dari program tersebut adalah bonus demografi yang diraih Indonesia saat ini. Bonus demografi berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan, di mana jumlah penduduk yang produktif lebih banyak ketimbang penduduk yang tidak produktif.

Delegasi Indonesia yang akan menerima langsung penghargaan UNP Award dipimpin Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN Prof. drh. M. Rizal Damanik. M.Rep.Sc. Phd dan didampingi Kepala Pusat Kerja Sama Lembaga Internasional (PULIN) BKKBN Ukik Kusuma Kurniawan.

UNP Award 2022 diterima di UN Headquarter New York pada 13 Juni 2022 dan akan menyampaikan pidato selama 7 menit. Terpllihnya BKKBN sebagai pemenang UNP Award 2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja cerdas seluruh komponen BKKBN.

"Pidato sudah disiapkan. Saya ingin sampaikan terima kasih untuk para pejuang kependudukan Indonesia yang tersebar di seluruh Tanah Air. Saya akan bicara pakai Bahasa Indonesia mengenai slogan BKKBN berencana itu keren,” kata Damanik.

Dirinya berharap UNP Award 2022 bisa menjadi nilai tambah bagi Indonesia di mata dunia. Apalagi tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah G20 yang akan dilaksanakan di Bali pada 23-24 Oktober 2022.

UNPA adalah penghargaan tahunan yang diberikan PBB. Penghargaan ini pertama kali diberikan tahun 1981 dalam penetapan oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi 36/201 pada tanggal 17 Desember 1981. Penghargaan dari PBB ini diberikan secara institusi kepada BKKBN. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories