Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini Penyebabnya

Sering Mengantuk Saat Beraktivitas? Ini Penyebabnya (Freepik.com/drobotdean)

JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri, kita mungkin mengalami mengantuk di beberapa waktu tertentu. Hal itu memang wajar terjadi. Akan tetapi, jika Anda mengantuk terus-menerus saat bekerja maka dapat mengganggu kinerja Anda.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda menyelidiki beberapa penyebab lainnya yang mungkin membuat Anda selalu merasa mengantuk selain dari kurang tidur.

Alasan Anda Mengantuk Saat Beraktivitas

Berikut beberapa penyebab Anda mengantuk saat beraktivitas, seperti yang dirangkum dari laman resmi Kemenkes.

1. Kegemukan

Berat badan yang berlebihan atau kegemukan bisa memiliki dampak negatif, salah satunya adalah produksi senyawa kekebalan oleh sel-sel lemak dalam tubuh, yang dapat menyebabkan rasa mengantuk. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba mengelola berat badan dengan pola makan sehat, menghindari makanan berlemak, dan rajin berolahraga bisa membantu mengurangi gejala tersebut.

2. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab mengantuk, karena hormon stres seperti adrenalin dapat membuat tubuh merasa lelah dan akhirnya mengantuk. Oleh karena itu untuk mengurangi stres, melakukan hobi yang disukai, beribadah, dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman bisa membantu.

3. Pola Makan

Pola makan yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan mengantuk. Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu menjaga tubuh tetap aktif dan produktif. Hindari makanan berlemak yang dapat membuat Anda lebih mengantuk.

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat membuat tubuh terasa lemas dan malas, yang pada akhirnya menyebabkan rasa mengantuk. Mulailah berolahraga secara teratur, seperti dengan berjalan, jogging, atau melakukan yoga, untuk menjaga tubuh tetap segar dan bugar.

5. Kurang Minum Air Putih

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari, sekitar 2-3 liter.

6. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi tidak hanya berisiko menyebabkan anemia, tetapi juga dapat membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging tanpa lemak, telur, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

7. Cuaca

Faktor lingkungan seperti cuaca juga dapat memengaruhi tingkat kantuk seseorang. Misalnya, cuaca yang dingin dan sejuk saat hujan dapat membuat seseorang merasa malas dan mengantuk.

Oleh karena itu, untuk tetap bugar dan bersemangat saat bekerja, penting untuk melakukan persiapan yang baik seperti sarapan dengan baik, menata pikiran, dan menata area kerja dengan rapi. Namun, jika rasa mengantuk terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat bagi Anda.

Itu tadi beberapa penyebab mengapa Anda sering mengantuk saat beraktivitas.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories