Pertamina Tambah dan Percepat Penyaluran LPG 3kg, Pastikan Rasa Aman Jelang Galungan dan Kuningan

Masyarakat dihimbau membeli LPG 3 kg subsidi di pangkalan resmi Pertamina dengan ciri – ciri terdapat plang/papan warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan HET, serta menyebutkan kontak pangkalan dan Call Center Pertamina 135. (Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus)

Denpasar, Balinesia.id – Untuk memastikan menambah rasa aman masyarakat menjelang hari raya Galungan dan Kuningan Pertamina menambah pasokan LPG ukuran tiga kilogram untuk mengantisipasi lonjakan permintaan jelang pelaksanaan hari raya umat Hindu di Provinsi Bali.  

"Menjelang hari raya Galungan di Provinsi Bali, kami lakukan antisipasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang merayakan hari besar tersebut diantaranya dengan melakukan extra dropping atau penambahan pasokan serta percepatan penyaluran LPG ke pangkalan – pangkalan resmi dengan jumlah total sekitar 263.200 tabung," ujar Area Manager Communication Relation and CSR  Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi pada Senin 26 Februari 2024.


Dijelaskan, peningkatan konsumsi jelang hari raya Galungan di Provinsi Bali diperikirakan sekitar 14% dari penyaluran normal harian dengan rata-rata konsumsi sejumlah 775 MT atau sekitar 258.333 tabung.

Disebutkan, Stok LPG untuk Provinsi Bali ditopang oleh Integrated Terminal Manggis sebesar 5.165 MT (metrik ton) atau sekitar 6,5 kali lipat dibandingkan dengan konsumsi normal.

Untuk penambahan pasokan ini, dilakukan secara bertahap menjelang hari raya Galungan dan hari raya keagamaan selanjutnya di Bali.

Terbanyak dipasok di daerah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar dan Tabanan yakni sebesar 55,3% persen dari penambahan didasarkan pada proyeksi peningkatan konsumsi di wilayah tersebut.

”Pertamina menjamin ketersediaan stok LPG di pangkalan-pangkalan resmi dan kami menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan panic buying atau pembelian secara berlebihan dan disarankan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan," Ahad Rahedi menambahkan.

Jalur distribusi resmi paling akhir LPG 3 Kg bersubsidi berada di pangkalan sesuai dg peraturan menteri ESDM no 28 th 2021 tentang penyaluran  dan pendistribusian LPG.

Fungsi pengawasan Pertamina sebagai badan usaha yg ditunjuk untuk menyalurkan  LPG bersubsidi adalah mulai dari agen hingga pangkalan.

Artinya, titik terakhir pendistribusian adalah di pangkalan bukan di pengecer atau warung yang melayani konsumen tingkat akhir.

Untuk meminimalisir terjadinya kekurangan suplai di pangkalan, secara berkala Pertamina melakukan pemantauan ketersediaan di seluruh pangkalan resmi dan juga meminta dukungan dari instansi terkait yakni BPH Migas dibawah Kementrian ESDM  yang berwenang untuk melakukan  pengawasan distribusi energi bersubsidi baik LPG maupun BBM.

Juga, mendorong pihak Pemda setempat untuk dapat melakukan penertiban terhadap konsumen atau pelaku usaha yang tidak berhak menikmati LPG 3 kg subsidi.

Kendati demikian pembeliaan LPG 3 kg  subsidi di pangkalan wajib menggunakan KTP sesuai dengan Penetapan Pemerintah per 1 Januari 2024 lalu.

Adanya pendataan ini juga mengurangi peluang penyalahgunaan LPG 3 Kg bersubsidi, dimana pelanggan yang melakukan pembelian dalam jumlah yang tidak wajar (melebihi kebutuhan) akan tercatat datanya dan perlu didalami penggunaan nya oleh pihak yang berwenang di bidangnya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau membeli LPG 3 kg subsidi di pangkalan resmi Pertamina dengan ciri – ciri terdapat plang/papan warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan HET, serta menyebutkan kontak pangkalan dan Call Center Pertamina 135.

Masyarakat yang membeli LPG di pangkalan resmi  akan mendapat kepastian jaminan stok dan mendapat harga yang sesuai dengan HET (harga eceran tertinggi) yang ditetapkan Pemerintah Daerah.  

Diharapkan dengan adanya penambahan pasokan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang sedang bersiap menyambut Hari Raya Galungan  serta rangkaian upacara  keagamaan selanjutnya. ***

 


Related Stories