5 Cara Cerdas Menabung Lebih Banyak Uang

5 Cara Cerdas Menabung Lebih Banyak Uang (Freepik)

JAKARTA - Apakah Anda sekarang mulai menyisihkan uang untuk dana darurat atau siap menabung untuk uang muka rumah? Jika iya, mungkin Anda sering meninjau kondisi tabungan Anda untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun, Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa langkah dan strategi utama yang dapat dilakukan saat menabung. Anda perlu memahami keuangan Anda, membuat rencana penganggaran, mulai mengurangi pengeluaran, membangun dana darurat, dan mempraktikkan kebiasaan keuangan cerdas lainnya.

Anda juga harus memahami instrumen apa saja yang tersedia untuk meraih tujuan keuangan, mulai dari alat investasi, penganggaran, dan perbankan hingga pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.

Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang.

Strategi Cerdas untuk Menghemat Uang

1. Pahami Keuangan Anda

Seperti yang dilansir dari Business Insider, untuk mulai menabung, pertama Anda harus melihat ke mana perginya uang Anda. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi pengeluaran apa saja yang bisa dihemat. Evaluasi pengeluaran Anda untuk melihat apakah ada kategori tertentu di mana Anda dapat melakukan penyesuaian bulanan.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan yang Realistis

Tujuan keuangan bisa berbagai macam, mungkin Anda ingin menabung untuk tujuan tabungan tertentu seperti liburan atau mobil baru.

Untuk membantu menjadikan tujuan Anda jadi lebih nyata, Anda dapat memperkirakan pengeluaran untuk tujuan Anda dan menetapkan jangka waktu untuk mencapainya. Setelah itu, Anda dapat meninjau anggaran dan melihat berapa banyak uang yang dapat Anda hemat setiap bulannya untuk membuat keinginan Anda jadi lebih nyata.

Jika Anda menyadari bahwa tampaknya sulit untuk mewujudkan tujuan Anda dengan menabung, Anda bisa mencoba mempertimbangkan untuk mengatur ulang ekspektasi dengan memperpanjang jangka waktu yang dibutuhkan atau memilih sesuatu dengan biaya yang lebih rendah.

3. Mengurangi Pengeluaran Sehari-hari.

Hal ini bisa dilakukan dengan membeli bahan makanan secara bijak, menurunkan biaya utilitas seperti tagihan listrik, hingga menurunkan biaya untuk transportasi. Anda bisa mencoba menggunakan angkutan umum di kota untuk mengurangi biaya bensin yang tidak sedikit.

4. Hasilkan Uang Tambahan

Anda bisa menemukan cara menghasilkan uang di luar pekerjaan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Pekerjaan sampingan dapat membantu memastikan Anda selalu memiliki sejumlah uang yang masuk setiap saat.

Anda juga bisa menjual barang yang tidak terpakai, misal di Facebook, Shopee, Tokopedia, atau Carousel. Anda juga bisa menjual barang-barang Anda di forum-forum di media sosial lainnya seperti X. Jika menjual barang secara online tidak menarik bagi Anda, Anda dapat menggelar garage sale untuk menjual barang yang sudah tidak Anda gunakan.

5. Menerapkan Kebiasaan Finansial yang Cerdas

Selain menabung, Anda juga butuh mengisi dana darurat. Memiliki dana darurat sangat penting untuk keamanan finansial Anda.

Dana darurat akan membantu Anda di saat krisis, seperti ketika kehilangan pekerjaan dan memiliki tagihan medis yang tidak terduga. Dana darurat akan membantu meringankan tekanan terkait uang karena Anda tahu bahwa Anda memiliki dana untuk digunakan kembali.

Itu tadi beberapa cara cerdas menghemat uang agar tabungan semakin meningkat.

Editor: Justina Nur Landhiani
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Lihat semua artikel

Related Stories