Inilah Alasan Dana Darurat Tidak Boleh Diabaikan

Inilah Alasan Dana Darurat Tidak Boleh Diabaikan

JAKARTA - Istilah generasi sandwich saat ini tampaknya menjadi sangat popular beberapa tahun terakhir. Generasi sandwich adalah suatu kondisi di mana seseorang harus menanggung hidup tiga generasi, yaitu orang tua, diri sendiri, dan anak.

Sudah berlangsung sejak lama, jebakan generasi sandiwch memerlukan strategi keuangan yang tepat untuk dapat mencegah atau terbebas darinya.

Salah satu opsinya adalah dengan memiliki dana darurat. Dana darurat memegang peranan penting, terutama ketika menghadapi berbagai kondisi finansial yang tak terduga. Berikut tiga alasan pentingnya generasi sandwich memiliki dana darurat.

Alasan Memiliki Dana Darurat

1. Keperluan Mendesak

Keperluan mendesak memang tidak dapat diprediksi kedatangannya. Sering kali hal ini membuat tabungan Anda terkuras. Dana darurat di sini berfungsi untuk membackup keperluan mendesak ini jadi alokasi pos-pos lain tidak terganggung termasuk pos tabungan.

2. Terhindar dari Berutang

Saat tidak memiliki dana darurat, Anda akan kebingungan mencari solusi ketika ada keadaan mendesak yang membutuhkan dana besar.  Jika sudah kepepet, sering kali berutang menjadi jalan ninjanya.

3. Mencegah Perilaku Konsumtif

Jika memiliki kebiasaan untuk menabung dana darurat, maka Anda akan fokus mengalokasikan pos-pos yang tidak terlalu penting ke dalamnya. Daripada membelanjakan kebutuhan yang tidak diperlukan lebih baik dana itu masukkan ke pos darurat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Ananda Astri Dianka pada 11 Feb 2024 

Editor: Redaksi

Related Stories