Segenap Elemen Masyarakat Diajak Jadi Penjaga Demokrasi

Sosialisasi Seleksi Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali di Gianyar. (Balinesia.id/IST)

Gianyar, Balinesia.id – Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024, seluruh elemen masyarakat Bali diajak jadi penjaga demokrasi.  Hal tersebut dinyatakan Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali, Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, dalam sosialisasi yang digelar di Gianyar, Jumat, 14 April 2023.

Ia mengatakan, serangkaian seleksi anggota Bawaslu, pihaknya berupaya memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat Bali terkait keberadaan badan tersebut. Pihaknya pun membuka kesempatan kepada tokoh masyarakat, perempuan, hingga kalangan difabel untuk ikut seleksi anggota Bawaslu Provinsi Bali periode 2023-2028.

Baca Juga:

Adapun sosialisasi seleksi calon anggota Bawaslu telah dilaksanakan 12-14 April 2023 di lima tempat yakni Karangasem, Badung, Buleleng, Tabanan, dan Gianyar. Setelah seleksi dilakukan proses pendaftaran. 

“Mekanisme seleksi akan diawali dengan melampirkan berkas lamaran yang dimulai dari tanggal 17 April 2-23 hingga 3 Mei 2023, sehingga selanjutnya akan ada pemeriksaan berkas, jika tidak ada yang memenuhi, sesuai dengan ketentuan undang-undang kita juga akan adakan perpanjangan, mudah-mudahan tahap awal ini bisa kita penuhi,” kata dia. 

Baca Juga:

Ia menyebutkan bahwa dari 5 orang anggota Bawaslu Provinsi Bali yang akan dijaring, saat ini dikonfirmasi sudah sekitar 40 orang yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, sekitar 30 persen merupakan kuota perempuan.  “Bagi kaum perempuan, ayo kita bareng-bareng menjadi penjaga demokrasi karena kita sadari keberadaan Bawaslu akan memberikan makna yang sangat luar biasa bagi proses demokrasi yang dilaksanakan,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan menyatakan apresiasinya atas komitmen Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali. “Dengan demikian kami berharap juga semua komponen masyarakat laki perempuan beserta kelompok difabel juga ikut dalam seleksi ini,” katanya.

Baca Juga:

Timsel Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bali terdiri dari lima orang sosok yang berpengalaman dalam penyelenggaraan pemilu. Tim ini diketuai oleh Anak Agung Gede Oka Wisnumurti dan disokong oleh empat orang anggota, meliputi Jerry Sumampow, Putu Gede Arya Sumerta Yasa, Radian Syam, dan  I Putu Tuni Cakabawa Landra. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories