Putri Koster Minta Kader Posyandu Proaktif Atensi Stunting

Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi serta Penyerahan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Bali TP PKK Provinsi Bali di Kabupaten Klungkung, Minggu, 20 November 2022. (Balinesia.id/ist)

Klungkung, Balinesia.id – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster menyatakan komitmennya membantu percepatan penurunan stunting hingga ke desa-desa. Ia secara khusus meminta Kader Posyandu proaktif terhadap potensi stunting yang ada di lingkungan masing-masing.

Hal tersebut dinyatakan Putri Koster dalam Aksi Sosial Menyapa dan Berbagi serta Penyerahan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Bali di Kabupaten Klungkung, Minggu, 20 November 2022. “Kader Posyandu harus proaktif terhadap potensi stunting yang ada di lingkungan masing-masing dan segera melakukan koordinasi serta upaya pencegahan dengan menggandeng stakeholder terkait,” katanya.

Ia mengatakan, meskipun berdasarkan data kependudukan terakhir Provinsi Bali mendapatkan prestasi sebagai provinsi dengan jumlah penderita stunting paling kecil, semua elemen harus sadar untuk bersama-sama tetap memberi perhatian pada kondisi gagal tumbuh pada anak yang dapat berakibat pada tumbuh-kembangnya di masa depan.

“Kita tetap harus memberi perhatian agar angka stunting di daerah Bali agar dapat segera dituntaskan. Stunting mesti mendapat perhatian serius karena mengancam keberlangsungan generasi penerus bangsa,” katanya.

Baca Juga:

Dijelaskan Putri Koster, stunting merupakan peristiwa gagal tumbuh-kembang di mana tinggi dan berat badan anak tidak sesuai dengan usianya. “Jika hal ini tidak diatasi, maka dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. “Jadi, kami turun hari ini juga membawa bantuan yang diberikan untuk kader PKK, Ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), balita dan lansia antara lain untuk membantu asupan mereka,” kata dia sembari mengatakan bahwa jika ibu hamil dan balita wajib mendapatkan asupan yang baik.

Hal senada dinyatakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Di hadapan krama Klungkung dari tiga kecamatan itu, orang nomor satu di Bumi serombotan tersebut membenarkan data dan pernyataan Ketua TP PKK Provinsi Bali. “Apa yang disampaikan Ibu (Putri Koster, red) akan bisa memotivasi masyarakat, terutama untuk hidup lebih sehat,” katanya dalam kegiatan yang membagikan sejumlah bantuan asupan gizi tersebut.

Suwirta pun menegaskan bahwa sinergitas TP PKK di Kabupaten Klungkung terus dilakukan, baik dengan TP PKK Provinsi hingga TP PKK Desa. Pada pagi itu Suwirta berpesan kepada masyarakat untuk pergunakan bantuan yang diberikan oleh TP PKK Provinsi Bali dengan sebaik-baiknya. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories