Putri Koster Apresiasi Sesolahan Sanggar Mahasaba FIB Unud

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster berfoto bersama dengan para seniman dari Sanggar Mahasaba Prodi Sastra Bali FIB Unud usai mementaskan sesolahan "Kidung Rasmi Sancaya", Senin, 13 Februari 2023. (Balinesia.id/IST)

Denpasar, Balinesia.id – Penampilan Sanggar Mahasaba Program Studi Sastra Bali Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) dalam Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-5 di Gedung Ksirarnawa, Senin, 13 Februari 2023 diapresiasi Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster.

Putri Koster menilai, pementasan bertajuk “Kidung Rasmi Sancaya” telah ditampilkan dengan baik. Pesan yang ingin disampaikan dalam pementasan sebagai bagian inti dari gelaran itu pun dinilai telah dapat diterima oleh penonton.

“Pesan yang ingin disampaikan melalui cerita sudah dibawakan dengan apik oleh seluruh figur dalam pagelaran. Setiap pemain punya kekuatan tersendiri yang mereka gabungkan untuk menyampaikan pesan cerita,” kata Putri Koster yang juga seniman ini.

Baca Juga:

Ke depan, ia menyarankan agar lebih menarik, dialog juga dikaitkan dengan isu yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, setiap pementasan adalah proses untuk meningkatkan kualitas penampilan berikutnya. “Talenta itu seperti pisau, semakin diasah semakin tajam,” kata dia.

Pementasan “Kidung Rasmi Sancaya” Sanggar Mahasaba Prodi Sastra Bali FIB Unud digarap sejalan dengan tema besar BBB ke-5, “Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani”. Pertunjukan tersebut menceritakan tentang kehidupan nelayan yang sangat bergantung pada hasil laut.

Baca Juga:

Dalam pementasannya, garapan tersebut juga dikemas dengan menyelipkan sejumlah regulasi yang berkaitan dengan pengelolaan sampah dan kebijakan Gubernur Bali, Wayan Koster yang mengangkat martabat arak Bali.

“Mereka punya kesadaran untuk mendukung apa yang tengah dikerjakan oleh para pemimpin. Di tengah hoaks yang bertebaran, anak-anak kita masih mau mendengar dan membantu sosialisasi melalui jalur seni,” kata dia. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories