Pujawali di Pura Pucak Tedung Petang, TP. PKK Badung Pentaskan Tari Rejang Giri Putri

Pementasan Tari Giri Putri dalam pujawali di Pura Pucak Tedung, Petang, Badung. (Balinesia.id/IST)

Badung, Balinesia.id – Pelaksanaan puncak pujawali di Pura Pucak Tedung, Desa Adat Sulangai, Petang, Badung, Sabtu, 18 Februari 2023 dimeriahkan dengan pementasan Tari Rejang Giri Putri.

Tari Rejang Giri Putri itu secara khusus dipentaskan oleh TP PKK Kabupaten Badung, yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Kabupaten Badung, Ny. Seniasih Giri Prasta.

Baca Juga:

Adapun karya yang digelar di salah satu Pura Dang Kahyangan di Badung itu dilaksanakan selama hampir sepekan. Tidak seperti biasanya, pujawali juga dirangkaikan dengan karya Wraspati Kalpa Padudusan Alit Madasar Caru Panca Rupa.

Ritual tersebut telah berjelan dari beberapa hari sebelumnya, tepatnya pada Minggu, 12 Februari 2023 yang dilakukan ritual nunas tirta kahyangan, selanjutnya tanggal 18 Februari 2023 puncak piodalan, kemudian dilakukan bakti panganyaran hingga 22 Februari 2023, dan akan masibeb pada 23 Februari 2023.

Baca Juga:

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung yang hadir pada puncak acara mengapresiasi pelaksanaan upacara yang telah berjalan lancar. Pihaknya sebagai representasi pemerintah juga berkomitmen membantu pelaksanaan ritual agama di Badung. Adapyn pada kesempatan tersebut, Pemkab Badung menyerahkan dana aci sebesar Rp 450 juta.

“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya. Semoga pujawali ini berjalan dengan lancar," kata Adi Arnawa mengajak seluruh masyarakat untuk mengucap syukur pada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, utamanya yang berstana di Pura Pucak Tedung.

Baca Juga:

Pujawali yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Buruan dan Ida Pedanda Made Ketewel dari Griya Kembang Merta itu turut dihadiri Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara; anggota DPRD Badung I Gusti Lanang Umbara; Kadis Kebudayaan Gde Eka Sudarwitha beserta jajaran Pemkab Badung; unsur adat; termasuk tokoh masyarakat yang juga mantan Walikota Denpasar, I.B. Rai Mantra. jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories