Program PSA, Provinsi Bali Target 7,5 Ribu Akseptor

elayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) (Balinesia.id/IST)

Bangli, Balinesia.id - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) secara serentak melakukan bakti sosial melalui Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) secara gratis di seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan serangkaian menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, M.For., MARS dalam kunjungan langsungnya di Kecamatan Bangli, Bangli pada Rabu, 14 Juni 2023 mengatakan bahwa dalam program tersebut, Provinsi Bali mendapat target 7.548 akseptor.

“Target secara nasional ini kita diharapkan mencapai satu juta tentunya ini sebagai upaya sosialisasi dan praktik langsung dalam pengaturan jarak kelahiran anak dan mencegah terjadinya stunting,” katanya.

Baca Juga:

Ia mengatakan bahwa pada pelayanan ini Perwakilan BKKBN Bali menyiapkan alat kontrasepsi dan mobil pelayanan KB untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses pelayanan.

“Kami siapkan pelayanan akseptor dari IUD, Implan, kemudian pil dan suntikan serta ini serentak di Provinsi Bali baik dari rumah sakit, puskesmas, hingga praktik bidan mandiri,” katanya.

Dilanjutkan, dari target 7.548 akseptor yang ditarget di Provinsi Bali, secara khusus untuk Kabupaten Bangli mendapatkan target 1077 akseptor. 

“Sampai saat ini setelah kita pantau untuk Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli telah mendapatkan 32 akseptor (10 implan dan 22 IUD) sementara secara Provinsi Bali kita masih pantau melalui pelaporan dashboard hingga final," katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, menyatakan dukungannya dalam pelaksanaan Pelayanan KB Sejuta Akseptor (PSA). “Kami berterima kasih kepada BKKBN karena telah mengadakan pelayanan KB sejuta akseptor. Tentunya ini juga menjadi langkah yang baik dalam pencegahan stunting melalui pengaturan jarak kelahiran dan menjaga kesimbangan penduduk demi mewujudkan SDM berkualitas untuk Bangli era baru,” jelasnya 

Diar berharap target yang diberikan untuk Kabupaten Bangli dapat mencapai 100 persen. “Diharapkan ini juga berdasarkan target yang ada untuk kabupaten bangli 1077 dapat dicapai secara maksimal 100 persen,” harapnya, jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories