Pesta Rakyat HUT ke-419 Kota Singaraja, 40 UMKM Disiapkan Beri Makanan Gratis untuk Masyarakat

Ketut Lihadnyana. (Balinesia.id/IST)

Buleleng, Balinesia.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menyiapkan Pesta Rakyat dalam Puncak Perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja yang jatuhu pada 30 Maret 2023 mendatang. Dalam pesta rakyat tersebut, pemerintah telah menggandeng 40 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memberikan makanan dan kudapan gratis untuk masyarakat.

Penjabat (PJ) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana pada Senin, 19 Maret 2023 menjelaskan tahun ini mereka mengemas peringatan HUT Kota Singaraja digelar lebih populis dan merakyat. Jika perayaan pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada resepsi bagi para pejabat, tahun ini seluruh masyarakat akan diajak untuk menikmati kebersamaan di Lapangan Bhuana Patra, Singaraja.

“Sebanyak 40 UMKM yang telah dikurasi, telah dipersiapkan untuk menyajikan makanan maupun kudapan khas Buleleng terbaiknya untuk seluruh masyarakat Kabupaten Buleleng. Semua masyarakat sama, tidak membedakan pejabat atau tidak. Masyarakat silakan makan gratis semua,” katanya.

Baca Juga:

Selain 40 UMKM tersebut, pihaknya juga akan melakukan penataan bagi UMKM lainnya, baik UMKM kuliner dan yang bergerak di bidang sandang, papan, dan lain-lain. Seluruh UMKM tersebut telah dipilih untuk diajak berbaur menyemarakkan malam puncak perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja di Lapangan Bhuana Patra. “Untuk menyajikan bahwa UMKM kita adalah sebuah potensi ekonomi menggerakkan buleleng ke arah yang lebih maju,” katanya.

Baca Juga:

Pesta rakyat yang melibatkan UMKM disebut sebagai realisasi dari tema perayaan pada HUT ke-419 Kota Singaraja yakni "KUAT dan Bangkit Bersama”. Adapun kata "KUAT" merupakan sebuah singkatan dari kuat, adaptif, unggul, dan tangguh. Utamanya pada poin kreatif ditunjukkan dengan banyaknya UMKM yang tumbuh pada masa pandemi. Ketika telah kreatif, sambungnya, maka Buleleng bisa menjadi unggul yang dibuktikan setelah pandemi ekonomi Buleleng bisa menggeliat setelah pandemi.

Baca Juga:

“Terlihat dari data BPS bahwa pengangguran berkurang, gini rasio kesenjangan antara kaya miskin sudah semakin menyempit. ini berarti bahwa UMKM itu bergerak ke depan,” katanya.

Dalam rangkaiann perayaan HUT ke-419 Kota Singaraja, pihaknya juga penyerahan bantuan kepada pasukan pembersih yang berjumlah lebih dari 800 orang. “Kita akan memberi apresiasi pada saudara-saudara kita yang sehari-hari membuat Singaraja bersih. Kita berikan sembako secara gratis sebagai bentuk perhatian kita. Justru pejabatnya tidak perlu dikasih, yang kecil yang kita kasih,” katanya. rls/jpd

Editor: E. Ariana

Related Stories